Sukses


5 Manajer dengan Rekor Terbaik Lawan Pep Guardiola: Jurgen Klopp dan Jose Mourinho Lebih Unggul

Bola.com, Jakarta - Kehebatan Pep Guardiola sebagai pelatih tidak bisa dibantah lagi. Sepak terjangnya baik sebagai pemain maupun pelatih mengambarkan betapa hebatnya pria asal Spanyol.

Pep Guardiola merupakan gelandang berbakat di masa bermainnya, ia menjadi andalan tim Barcelona pada tahun 1990-an di bawah manajer seperti Johan Cruyff, Bobby Robson, dan Louis van Gaal. Dia juga membuat 47 penampilan untuk tim nasional Spanyol selama sembilan tahun, mencetak lima gol.

Selama 21 tahun karirnya ia memenangkan enam gelar La Liga, dua Copa del Rey, empat Supercopa, satu Piala Eropa, satu Piala Winners UEFA, dan satu Piala Super Eropa, semuanya bersama Barcelona.

Berlanjut di karier kepelatihannya. Guardiola telah memenangkan total 37 trofi dalam 17 tahun. Termasuk beberapa treble dan satu tahun di mana ia memenangkan enam trofi yang luar biasa.

Guardiola menjadi satu-satunya manajer yang memiliki lebih banyak prestasi di lima liga top Eropa adalah Sir Alex Ferguson. Namun Guardiola tak selamanya digdaya, nyatanya ada beberapa pelatih yang unggul pertemuan head to head dengannya.

Yuk simak deretan pelatih yang punya catatan apik atas Pep Guardiola berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Antonio Conte

Antonio Conte adalah manajer pertama dalam daftar ini yang memiliki rekor positif melawan Guardiola karena ia telah memenangkan empat dari tujuh pertandingan antara keduanya.

Kedua manajer tersebut datang ke Premier League pada musim panas 2016 dengan Conte memenangkan gelar liga bersama Chelsea musim itu. The Blues asuhan Conte mengalahkan Manchester City di kandang dan tandang musim itu dengan Eden Hazard meneror tim dari Manchester timur.

Namun, bisa dikatakan, kemenangannya yang lebih mengesankan diraih selama masa jabatannya sebagai manajer Tottenham. Manchester City versi 2016/2017 bukanlah tim penakluk seperti yang kita lihat saat ini dan Spurs asuhan Antonio Conte tentu saja tidak selancar atau impresif tim Italia yang menjuarai liga, Chelsea.

3 dari 6 halaman

Ole Gunnar Solskjaer

Sosok Solksjaer cukup mengejutkan ada di daftar ini. Manajer asal Norwegia ini memiliki salah satu rekor terbaik melawan Guardiola. Empat kemenangan, empat kekalahan, dan satu hasil imbang sangatlah terhormat karena hanya dua manajer yang bisa mengatakan bahwa mereka telah mengalahkan Pep lebih dari itu.

Hanya butuh waktu kurang dari satu tahun bagi Ole Gunnar Solskjaer untuk memenangkan derby Manchester pertamanya sejak 2007, tetapi Marcus Rashford dan Anthony Martial mengantarkannya meraih kemenangan telak 2-0.

Kemenangan 1-0 pada bulan berikutnya menyusul tetapi itu tidak cukup untuk membalikkan kekalahan leg pertama yang dialami United dari City di semifinal Piala Liga.

Selain itu, kemenangan ketiga, kemenangan 2-0 berkat gol pembuka Martial dan gol Scott McTominay pada menit ke-90 yang memastikan kemenangan adalah salah satu pertandingan terakhir sebelum sepak bola dihentikan sementara karena pandemi COVID-19.

Kemenangan keempat, yang dimainkan secara tertutup karena pembatasan, juga menjadi kali pertama United mengalahkan City dalam tiga laga tandang berturut-turut sejak musim 2000/2001.

4 dari 6 halaman

Mauricio Pochettino

Sama seperti Solksjaer, nama Mauricio Pochettino secara mengejutkan juga ada di daftar ini. Dimulai pada tahun 2009 dalam derby Catalunya saat Barcelona bertemu Espanyol.

Espanyol jarang mengalahkan Barcelona, ​​namun pada tahun 2009 konvensi tersebut diubah. Ivan de la Pena kembali menghantui klub yang membiarkannya pergi untuk bergabung dengan Espanyol dan mencetak dua gol untuk Periquitos sebelum jeda, dan meskipun ada gol Yaya Toure, klub Catalan yang lebih kecil bertahan untuk meraih kemenangan terkenal.

Dua kemenangan terbaik dalam daftar ini terjadi di babak perempat final Liga Champions 2018/2019 ketika Pochettino membesut Tottenham Hotspur. Total, Pochettino sudah empat kali mengalahkan Pep Guardiola.

5 dari 6 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho akhirnya muncul dalam daftar ini. Manajer asal Portugal yang penuh teka-teki ini memiliki kemenangan terbanyak kedua melawan Guardiola dan beberapa di antaranya termasuk kemenangan terbaik 'The Special One' dalam kariernya.

Baik itu kemenangan comeback 3-2 yang luar biasa di Etihad pada tahun 2018, serangan balik Inter asuhan Mourinho dengan kekuatan untuk menang 3-1 pada tahun 2010, atau dua kemenangan 2-0 yang diraih Mourinho untuk Spurs pada tahun 2020, persaingan antara keduanya adalah satu. salah satu hal paling menarik yang pernah dilihat sepak bola sejak lama.

Beberapa orang mungkin mengatakan persaingan ini mengejutkan, mengingat keduanya pernah bekerja sama di Barcelona ketika Guardiola masih bermain sebagai pemain dan Mourinho memulai perjalanannya ke dunia manajemen sebagai asisten Bobby Robson.

Secara keseluruhan, Jose Mourinho sudah tujuh kali mengalahkan Pep Guardiola secara head to head sebagai pelatih.

6 dari 6 halaman

Jurgen Klopp

Inilah sosok yang memilik jumlah kemenangan terbanyak atas Pep Guardiola dalam daftar ini. Ya, Jurgen Klopp memenangkan 12 pertandingan atas Guardiola.

Persaingan tersebut terjadi di dua negara dan empat kota. Pasangan ini telah bertarung memperebutkan beberapa gelar Liga Premier dan Bundesliga dan permainan mereka sering kali dipenuhi dengan kontroversi dan momen-momen besar. Keduanya telah menentukan era Liga Inggris dan Bundesliga.

Klopp pertama kali mengalahkan Guardiola di Piala Super Jerman 2013 dan mereka kemudian saling bertukar pukulan selama beberapa musim saat berhadapan satu sama lain di Bundesliga.

Pep punya keunggulan di Premier League, namun kemenangan 4-3 Liverpool atas City di musim 2017/2018, disusul kemenangan 3-2 di semifinal Piala FA 2022, dan Community Shield akhir tahun itu adalah kenangan yang akan terus diingat.

 

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer