Sukses


10 Pemain Pinjaman Terbaik dalam Sejarah Premier League (Bagian 2)

Bola.com, Jakarta - Mimpi Antony untuk menjadi legenda Manchester United (MU) terancam sirna. Soalnya, eks bintang Ajax berkebangsaan Brasil itu kemungkinan besar bakal dilepas pada musim panas tahun ini.

Winger berusia 24 tahun gagal memenuhi ekspektasi publik Old Trafford setelah ditebus dengan harga yang fantastis, yaitu 95 juta euro atau setara Rp1,4 triliun.

Namun, sejak kehadirannya pada 2022, Antony masih jauh dari kata memuaskan. Musim ini saja, Antony belum menceploskan sebiji gol pun dalam 20 penampilan di Liga Inggris 2023/2024.

Kedatangan Sir Jim Ratcliffe membuat posisi Antony semakin terancam. Santer diberitakan, Antony masuk daftar bersih-bersih yang akan segera dilakukan Ratcliffe jelang bergulirnya musim 2024/2025.

Dalam sejarah Liga Inggris yang panjang, Antony bukan satu-satunya pemain yang digadang-gadang bakal bersinar tapi malah sebaliknya.

Menariknya, berbeda kasus dengan Antony, banyak tim-tim yang merasa diuntungkan karena pemain yang mereka pinjam dari klub lain malah lebih menawan.

Bagi pemain itu sendiri, status pinjaman tak membuat mereka minder, tapi justru makin bersemangat untuk mendapatkan kontrak permanen.

Sejak Premier League bergulir kali pertama pada 1992, berikut lima pemain pinjaman yang sukses menorehkan catatan emas bersama klubnya masing-masing.

2 dari 7 halaman

Christophe Dugarry

Banyak orang terkejut ketika Birmingham City berhasil mengontrak Christophe Dugarry dari Bordeaux pada 2003, Sang manajer tim, Steve Bruce, pada saat itu mengumumkan bahwa pemain Prancis itu adalah rekrutan terbaik klub.

Striker tersebut adalah pemenang Piala Dunia kedua yang bergabung dengan klub dalam sejarah mereka, yang pertama adalah Alberto Tarantini pada 1978. Tanda tangan Dugarry adalah kudeta besar bagi Birmingham City.

Kontribusi tujuh gol Dugarry untuk klub membantu membimbing Birmingham City finis di paruh atas Liga Premier.

Penyelesaian musim yang mengesankan oleh The Blues membuat mereka dengan mudah mempertahankan status mereka di divisi teratas.

Dugarry memang pindah ke Birmingham City secara permanen. Namun, keluarganya sulit beradaptasi dengan kehidupan di Inggris dan melihat striker Prancis itu meninggalkan St Andrew's setahun kemudian.

3 dari 7 halaman

Mikel Arteta

Mikel Arteta tiba di Goodison Park dengan status pinjaman dari Real Sociedad pada Januari 2005, dan sang gelandang langsung menjadi favorit penggemar.

Tidak butuh waktu lama bagi Everton untuk menjadikan kepindahan tersebut menjadi permanen, dengan mengonfirmasi penandatanganan permanen Arteta pada Juli 2005.

Selama berada di Merseyside, sang gelandang membuat 209 penampilan untuk klub, mencetak 35 gol dan membuat 36 assist merupakan bagian integral dari tim dan merupakan salah satu pemimpin di ruang ganti, meski tidak mengenakan ban kapten.

Setelah enam tahun sukses di Everton, Arteta bergabung dengan Arsenal pada tahun 2011, di mana ia memenangkan dua Piala FA dan menjadi kapten tim antara 2014 dan 2016.

Gelandang tersebut pensiun pada akhir musim 2015/16, sebelum mengambil langkah ke menjadi seorang manajer, dan sekarang mengelola klub yang dulu dia kapteni.

4 dari 7 halaman

Robbie Keane

Robbie Keane tiba di Elland Road dari Inter Milan pada Desember 2000, dan kariernya di Leeds United dimulai dengan awal yang mengesankan, mencetak sembilan gol dalam 14 penampilan untuk klub.

Penampilannya mendorong klub untuk mempermanenkannya pada Mei 2001, dengan biaya 12 juta pound. Cukup adil untuk mengatakan bahwa musim berikutnya tidak seproduktif Keane, yang mendapati dirinya gagal dalam urutan kekuasaan.

Sang striker hanya berhasil mencetak sembilan gol dalam 33 penampilan, sangat kontras dengan masa pinjaman awalnya bersama klub.

Perjuangan keuangan Leeds United memburuk dengan klub terpaksa menjual pemain, dan Keane pindah ke Tottenham Hotspur dengan harga 7 juta pound.

5 dari 7 halaman

Martin Odegaard

Martin Odegaard tiba di Emirates pada Januari 2021 dengan status pinjaman dari Real Madrid, di mana ia mengalami masa-masa sulit, hanya tampil 11 kali untuk tim utama.

Pemain asal Norwegia itu tampil mengesankan selama masa pinjaman pertamanya di Arsenal, dengan kontribusi empat gol untuk klub dan menghasilkan beberapa penampilan yang menarik.

Setelah masa pinjaman yang sibuk, Arsenal mengontrak Odegaard seharga 30 juta pound secara permanen pada Agustus 2021. Gelandang ini telah mencetak 32 gol dan 22 assist selama berada di London utara pada akhir Februari 2024.

Pemain Timnas Norwegia itu telah menjadi pemain yang sangat baik, bagian penting dari tantangan Arsenal untuk meraih gelar Liga Premier dalam beberapa tahun terakhir, dan dengan cepat menjadi favorit penggemar di Emirates.

 
6 dari 7 halaman

Carlos Tevez

Masa pinjaman paling sukses dalam daftar ini, Carlos Tevez menjalin hubungan baik dengan Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney selama masa pinjaman dua tahunnya bersama Manchester United.

Selama kurun waktu tersebut, pemain asal Argentina itu memenangkan lima trofi besar bersama klub, termasuk Liga Champions pada 2008 dan dua gelar Premier League.

Dalam 99 penampilan untuk Manchester United, sang striker mencetak 34 gol dan membuat 14 assist.

Setan Merah pada prinsipnya telah menyetujui kesepakatan untuk mengontrak Carlos Tevez secara permanen dari West Ham United dengan rekor biaya Inggris sebesar 32 juta pound pada Juli 2008.

Namun, Manchester City mengkonfirmasi penandatanganan pemain Argentina itu setelah dia menolak kesempatan untuk pindah ke Manchester United secara permanen.

Tevez memenangkan Premier League bersama Manchester City pada musim 2011/2012, pertama kalinya klub tersebut mengangkat trofi, serta Piala FA pada 2011.

Ia kemudian pindah ke Juventus, sebelum kembali ke Boca Juniors dan sempat bermain sebentar di Tiongkok.

Sumber: Givemesport

7 dari 7 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer