Sukses


Perbedaan Besar Jurgen Klopp Vs Pep Guardiola, Bisa Jadi Kunci Liverpool Juarai Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Liverpool dan Manchester City masuk dalam persaingan sengit perburuan gelar Liga Inggris 2023/2024.

Memasuki pekan ke-28 atau menyisakan 11 laga, kedua tim hanya terpaut satu angka. Liverpool masih berkutat di puncak klasemen sementara dengan torehan 63 poin. Sedangkan Manchester City terus meneror di posisi kedua dengan 62 poin. Mencekam!

Persaingan semakin rumit, karena di posisi ketiga dengan 61 poin, Arsenal ikut menebar teror.

Man City akan menghadapi kedua saingannya tersebut, termasuk kala pasukan Pep Guardiola mengunjungi Anfield akhir pekan ini.

Ketiga tim saat ini sedang mencatatkan kemenangan beruntun, yaitu Arsenal (tujuh), Liverpool (empat), Man City (tiga).

Terkait persaingan Liverpool vs Manchester City, legenda The Reds Jamie Carragher ikut angkat suara. Menurut Carragher, memaksimalkan pemain di bangku cadangan akan sangat penting bagi kedua tim.

“Saya pikir sejak aturan lima pemain pengganti diberlakukan, tidak ada yang memanfaatkannya lebih baik daripada Jürgen Klopp,” katanya di Monday Night Football di Sky Sports, Kamis (7/3/2024). 

“Kami telah berbicara tentang Arsenal sebelumnya, dan Anda berpikir bagaimana mereka bisa memenangi liga. Mereka adalah yang terbaik dalam bertahan. Manchester City mungkin adalah tim terbaik dengan individu terbaik, tapi di sinilah Liverpool bisa memenangi liga, dari bangku cadangan, karena Klopp selalu menggunakan lima pemain pengganti," imbuhnya.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Statistik Pergantian Pemain

Untuk lebih menggambarkan pendapat Carragher, musim ini Man City menggunakan pergantian pemain paling sedikit di Premier League (74).

Di musim sebelumnya, Guardiola mengatakan lebih sedikit pergantian pemain berarti lebih minim waktu tambahan (melawan Newcastle pada Agustus 2023). 

Sebaliknya, The Reds melakukan pergantian pemain terbanyak ketiga di liga (119), dengan hanya Burnley (122) dan Brighton (128) yang lebih banyak.

Ini membuahkan hasil. Pemain pengganti Liverpool mencetak atau menyumbangkan 22 gol di Premier League musim ini (11 gol dan 11 assist), dengan hanya Man City di musim 2011-12 (24) dan Arsenal di musim 2009-10 (23) yang memiliki pemain cadangan lebih banyak dalam keterlibatan gol dalam satu musim di kompetisi.

 

3 dari 4 halaman

Perasaan Guardiola Campur Aduk

Duel Liverpool kontra Man City pada Minggu (10/3/2024) juga akan menjadi pertemuan ke-30 antara Guardiola (11 kemenangan) dan Klopp (12 kemenangan). Perasaan Guardiola campur aduk jelang pertemuan ini. 

“Saya akan tidur lebih nyenyak saat Klopp pergi. Pertandingan yang kami mainkan sebelumnya melawan Liverpool hampir seperti mimpi buruk. Tentu saja dia akan dirindukan. Sangat mengejutkan mendengar beritanya," ujar Guardiola. 

"Saya merasa ketika saya mendengarnya, Man City akan kehilangan sesuatu. Kami tidak dapat menggambarkan periode kami di sini tanpa dia, tanpa Liverpool. Tidak mungkin,” katanya setelah Klopp mengumumkan akan hengkang pada akhir musim ini.

“Mereka adalah rival terbesar kami. Dan secara pribadi Klopp telah menjadi rival terbaik yang pernah saya miliki dalam hidup saya. Di Dortmund ketika saya masih di Bayern, lalu di sini. Saya pikir Premier League akan merindukannya – karismanya, kepribadiannya, dan terutama cara bermain timnya," pungkas Guardiola.

Sumber: Squawka

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer