Sukses


10 Pemain Tersubur Dalam Sejarah Duel MU Vs Liverpool: Mohamed Salah Paling Gacor

Bola.com, Jakarta - Arsenal, Liverpool, dan Manchester City memasuki masa-masa kritis dalam perburuan gelar juara Liga Inggris 2023/2024.

Memasuki pekan ke-29, ketiga raksasa ini hanya terpaut satu angka. Di puncak klasemen sementara, The Gunners bertengger dengan torehan 64 poin.

Tepat di bawah atau di posisi kedua, The Reds siap menyalip dengan tabungan poin yang sama. Di posisi ketiga dengan tuaian 63 poin, The Citizens yang juga adalah juara bertahan bertekad membuyarkan ambisi kedua rivalnya untuk mengangkat trofi musim ini.

Apa kabar Manchester United? Setan Merah belum juga beranjak dari posisi keenam. Melihat performa sepanjang musim ini, tipis kemungkinan pasukan Erik ten Hag bisa menyabet gelar.

Kasihan Red Devils. Sejak terakhir kali menjadi yang terhebat di liga yakni pada musim 2012/2013, Manchester United tak pernah lagi menggondol trofi Liga Inggris.

Padahal, beberapa purnama lalu, Manchester United merupakan salah satu tim terhebat dan terkuat di Inggris dan juga Eropa. Bahkan, bersama Liverpool, keduanya kerap bersua dalam persaingan sengit yang kemudian menentukan dalam sejarah sepak bola Inggris.

Kedua tim bertarung mengusung gengsi dan nama besar bermaterikan beberapa pemain terbaik yang pernah ada. Duel keduanya yang bertajuk super big match selalu dinanti. Sejumlah pemain masuk daftar pencetak gol yang kini dikenang sebagai legenda kedua klub.

Hanya saja, ada nama-nama yang absen. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool, Ian Rush, hanya mencetak tiga dari 346 golnya melawan Setan Merah, sementara ikon Manchester United Sir Bobby Charlton hanya mencetak empat gol.

Berikut adalah para pemain yang tampil cemerlang dalam duel keduanya, seperti dilansir Givemesport. 

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

10. Denis Law (Manchester United): 6 Gol

Saat kekalahan 0-3 di Anfield pada bulan April 1964, penyerang MU yang lincah, Denis Law, menjadi sasaran para pendukung tuan rumah yang riuh yang secara spontan membawakan lagu "Eee, Aye, Addio, Denis Law's a twerp".

Law hanya perlu menunggu satu tahun untuk membalas dendam, mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 atas Liverpool di Old Trafford.

Pemain Skotlandia yang lincah ini adalah seorang pria yang kerasukan, melepaskan tendangan voli melewati Tommy Lawrence sebelum mengikuti bola melewati garis dan masuk ke gawang di babak kedua.

Law mendapat luka parah di lutut karena masalah yang dialaminya. Namun jahitan tersebut akan melunak karena manisnya kemenangan melawan rival terbesar United.

 

3 dari 11 halaman

9. Bryan Robson (Manchester United): 6 Gol

Seluruh klub papan atas Inggris tertarik pada Bryan Robson setelah ia muncul sebagai salah satu pemain paling berbakat di West Bromwich Albion.

Manchester United mengalahkan Liverpool dalam perebutan tanda tangan sang gelandang pada 1981. Tim Merseyside itu berulang kali menderita di tangan mantan target mereka.

Robson mencetak kedua gol dalam kemenangan di Charity Shield atas Liverpool pada awal musim 1983/1984, pada saat duel tersebut dipandang sebagai pertandingan persahabatan.

Robson memastikan meninggalkan jejak di laga semifinal Piala FA melawan Liverpool - tidak hanya sekali, tapi dua kali.

Kapten Manchester United itu membuka skor dalam hasil imbang dramatis 2-2 di Goodison Park sebelum kembali mencetak gol di pertandingan ulangan empat hari kemudian. United melaju ke final Wembley, dan Robson mengangkat trofi Piala FA dengan penuh kegembiraan.

 

4 dari 11 halaman

8. George Best (Manchester United): 7 Gol

Dalam periode yang terlalu singkat, tidak ada tim di Benua Biru yang mampu menghentikan George Best dari Manchester United. Liverpool tidak berbeda.

Antara 1965 dan 1968, Best mencetak tujuh gol dalam banyak penampilan melawan The Reds.

Perpaduan yang memukau antara bakat dan penyelesaian akhir yang kejam, Best mencetak kedua gol dalam kekalahan langka di Anfield untuk Liverpool pada 1967 di usia 21 tahun.

Best mungkin adalah salah satu produk akademi terhebat Manchester United, namun mendapat julukannya dari seorang Institusi Merseyside.

Grup yang disebut 'Fifth Beatle' ini memiliki potongan rambut shaggy yang sama dengan grup yang berbasis di Liverpool dan menarik banyak perhatian dari penggemar yang tersebar di seluruh negeri.

 

5 dari 11 halaman

7. Harry Chambers (Liverpool): 7 Gol

Manchester United pasti sudah muak melihat Harry Chambers dari Liverpool pada akhir musim 1920/2021. Striker berkaki busur itu mencetak gol dalam empat pertandingan berbeda melawan Setan Merah musim itu.

Hanya dua pemain lain dalam sejarah klub – Ian Rush dan Mohamed Salah – yang pernah mencapai prestasi seperti itu untuk The Reds, tetapi tidak pernah melawan rival terberat mereka.

Perang Dunia I menunda debut profesionalnya, tetapi Chambers menebus waktu yang hilang ketika Setan Merah datang ke kota itu.

Ia merupakan salah satu pencetak gol terbanyak Liverpool sepanjang masa dipuja oleh Anfield karena sikapnya yang sangat ceria, sehingga mendapat julukan 'Smiler'. Rekor mematikan melawan United juga tidak merusak popularitasnya.

 

6 dari 11 halaman

6. Stan Pearson (Manchester United): 8 Gol

Bagi penyerang kelahiran Salford ini, bermain untuk klub masa kecilnya, yaitu MU, adalah sebuah impian. Stan Pearson melampaui dunia fantasi dengan hat-trick melawan Liverpool tak lama setelah dimulainya kembali sepak bola profesional setelah Perang Dunia Kedua.

Tidak ada pemain United yang mencetak treble lagi melawan The Reds sampai hat-trick Dimitar Berbatov 64 tahun kemudian.

Pearson lebih sering dipuji karena kemampuan menciptakan daripada mencetak gol, namun tetap membuka keunggulan produktif dalam pertemuan dengan Liverpool. Lokasi tidak menjadi pertimbangan bagi sang penyerang, yang mencetak gol dengan kecepatan yang sama seperti saat Manchester United memulai perjalanan nomaden setelah Old Trafford dibom selama Perang Dunia II.

Baru pada 1953, ketika menceploskan gol kedelapan dan terakhirnya melawan Liverpool, Pearson mencetak gol dalam pertandingan ini di kandang tradisional MU.

 

7 dari 11 halaman

5. Dick Forshaw (Liverpool): 8 Gol

Dick Forshaw yang keras kepala adalah satu-satunya pemain Liverpool yang pernah mengemas dua hat-trick melawan Manchester United. Sepasang treble-nya terjadi di Anfield dalam rentang waktu 12 bulan pada pertengahan 1920-an.

Forshaw menyampaikan pengingat akan kejamnya sepak bola papan atas pada lawatan pertama MU ke Merseyside sejak promosi pada 1925.

Mereka yang berani menghadapi kondisi menyedihkan hari itu menuntut lebih banyak gol setelah Forshaw menyelesaikan hat-tricknya dalam kemenangan 5-0.

Pemain nomor sembilan Liverpool yang tangguh itu membantu meraih treble lagi dalam kemenangan yang lebih merata 4-2 pada tahun berikutnya.

Di sela-sela aksi heroiknya di Anfield, Forshaw kembali mencetak gol melawan MU di Old Trafford pada Maret 1926, memicu seruan kuat dari pers untuk debut internasionalnya.

Forshaw tidak pernah mendapatkan caps Inggris. Ia meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan rival Merseyside, Everton. Setidaknya dia tidak pindah ke Manchester.

 

 

 

8 dari 11 halaman

4. Steven Gerrard (Liverpool): Steven Gerrard

Steven Gerrard diajari pentingnya persaingan klub masa kecilnya dengan Manchester United sejak usia muda.

Gelandang dari keluarga Liverpool yang taat ini adalah penggemar Bryan Robson dan mencoba nomor tujuh seragam MU milik temannya pada suatu sore. Ayah Gerrard tidak terkesan.

Berdasarkan rasa lapar yang tak terpuaskan yang dialami Gerrard dalam setiap pertemuannya dengan MU, ia tidak pernah melupakan pelajaran masa kecilnya. Persaingan ini terkadang bisa membuat Gerrard lebih baik - terutama dalam pertemuan terakhirnya dengan Manchester United, ketika ia dikeluarkan dari lapangan 38 detik setelah masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

 

 

9 dari 11 halaman

3. George Wall (Manchester United): 9 Gol

Sosok integral dalam gelar liga pertama Manchester United yang diraih pada musim 1907/1908, George Wall mencetak gol di kedua pertandingan melawan Liverpool musim itu.

Wall menyumbangkan gol kedua MU saat menang 4-0 pada September, namun hanya mampu mencetak gol hiburan ketika sang pemimpin liga kalah telak 4-7 di Anfield enam bulan kemudian.

Wall membawa United kembali ke jalurnya dengan dua gol dalam kemenangan 4-1 atas Sheffield Wednesday.

Pemain sayap kiri yang gesit ini tidak pernah mengulangi prestasinya dalam mencetak gol di musim kejayaan itu. Namun ia dapat diandalkan saat melawan The Reds, mencetak enam gol lagi sebelum pecahnya Perang Dunia Pertama.

 

10 dari 11 halaman

2. Sandy Turnbull (Manchester United): 9 Gol

Alexander 'Sandy' Turnbull memiliki keunikan dalam mencetak gol pertama di Old Trafford. Stadion klub terbesar dalam sepak bola Inggris itu menandai debutnya dengan menjamu Liverpool. 

Pemain depan United asal Skotlandia, Turnbull, mencetak gol pada menit ke-30. Namun The Reds merusak hari besar rival mereka dengan kemenangan 4-3.

Turnbull tampil tidak terlalu buruk di bekas markas Manchester United di Bank Street. Berseluncur melintasi rumput yang selalu basah kuyup di sebuah stadion yang selalu dipenuhi asap dari pabrik kimia di dekatnya, Turnbull membukukan hat-trick melawan Liverpool pada September 1907, mengirim tim Merseyside itu ke kaki Divisi Pertama sementara United memimpin liga - posisi yang tidak akan mereka lepaskan sepanjang musim.

 

11 dari 11 halaman

1. Momamed Salah (Liverpool): 12 Gol

Mohamed Salah sangat menyadari rekor apa pun yang tersedia menjelang setiap pertandingan. “Dia tahu angka-angkanya,” manajer Liverpoolnya Jurgen Klopp menyeringai sambil mengatakan Salah tahu segalanya.

Salah telah menulis ulang buku sejarah klub sejak diboyong dari AS Roma pada 2017, melewati banyaknya torehan gol sambil mengumpulkan setiap trofi utama.

Manchester United dapat membuktikan semangat Salah yang tak tergoyahkan. The Reds meraih beberapa hasil bersejarah melawan United dengan Klopp sebagai pelatih, memanfaatkan kekacauan yang melanda rival sengit mereka.

Pemain sayap andalan Liverpool itu selalu menjadi jantung dari kemenangan ini, mencetak rekor mengejutkan pada 2021.

Salah mencetak tiga gol terakhir saat Liverpool menghancurkan MU 5-0. Ia menjadi pemain Liverpool pertama yang meninggalkan Old Trafford dengan hat-trick sejak Fred Howe pada 1936. Tentu saja Salah sudah mengetahui hal itu.

Sumber: Givemesport

Video Populer

Foto Populer