Sukses


Siapa Syekh Abdullah dan Akankah Daniel Levy Jual Tottenham Hotspur?

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Inggris, khususnya penggemar Tottenham Hotspur, baru-baru ini dikagetkan dengan foto dua orang penting yakni Daniel Levy dan Sheikh Abdullah bin Rashid Al Mualla.

Gosip panas pun kontan bertebaran menyusul pertemuan tersebut dan menimbulkan kehebohan di media sosia. Levy merupakan salah satu petinggi Spurs, sedangkan Sheikh Abdullah sosok berpengaruh di Uni Emirat Arab.

Apa gerangan di balik pertemuan tadi? Apakah Sheikh Abdullah berencana membeli semua saham Spurs? Entahlah.

Yang pasti, Spurs, dalam beberapa musim terakhir, berkembang menjadi salah satu tim yang sangat disegani di kancah domestik Inggris. Mereka membangun stadion canggih yang melampaui semua stadion lain di Inggris dan kerap melakukan pergantian pelatih dengan hasil yang beragam.

Adapun Levy, pria berusia 62 tahun ini dikenal sebagai salah satu negosiator paling tangguh. Namun,  hasratnya untuk meraih trofi sejauh ini tidak membuahkan hasil.

Meskipun tidak ada indikasi pasti bahwa ia bersedia menjual klub – atau bahwa Sheikh Abdullah kemungkinan besar akan membeli Spurs – gambaran kebersamaan keduanya telah membuat orang tertarik tentang masa depan Levy dan Tottenham Hotspur.

-- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Picu Spekulasi

Dalam foto yang diunggah di Instagram, terlihat pemilik Tottenham itu berjabat tangan dengan Syekh Abdullah.

Foto itu muncul di akun pribadi Syekh dan disertai dengan tulisan. 'Yang Mulia Syeikh Abdullah bin Rasyid Al Mualla, Wakil Penguasa Umm Al Quwain Daniel Levy, CEO klub Inggris Tottenham Hotspur.'

Belum diketahui apa alasan di balik pertemuan tersebut dan bagaimana terjadinya. Namun, mengingat investasi baru-baru ini dalam sepak bola oleh negara-negara lain seperti Arab Saudi, banyak yang berspekulasi apakah ini mungkin merupakan indikasi Levy terbuka terhadap gagasan menjual Spurs dalam waktu dekat.

Meskipun tidak ada rumor yang menyebutkan bahwa Sheikh Abdullah sedang dalam negosiasi untuk membeli klub tersebut, pertemuan ini mungkin bisa menjadi awal dari Levy yang mulai melihat minat apa yang akan dimilikinya.

Keluarga Glazer menjalani strategi serupa sebelum menjual saham minoritas di Manchester United kepada Sir Jim Ratcliffe.

 

 

3 dari 5 halaman

Siapakah Syekh Abdullah?

Syekh telah memegang posisi kekuasaannya saat ini sejak 2004 Nama Syekh Abdullah bin Rashid Al Mualla mungkin tidak asing lagi bagi sebagian besar penggemar sepak bola. Pria berusia 52 tahun ini memegang posisi penting di Uni Emirat Arab.

Lahir dari keluarga kerajaan Emirat, Abdullah saat ini menjabat Wakil Penguasa Umm Al Quwain.

Ini merupakan kota terpadat kedelapan di kawasan ini, dengan jumlah penduduk hanya 45.000 jiwa, menurut World Population Review.

Setelah menyelesaikan sebagian pendidikan di Inggris, Syekh menjadi kepala polisi dan keamanan publik Umm Al Quwain pada 1997.

Selama periode tersebut, Abdullah paling dikenal mengawasi pembangunan taman rekreasi air yang masih berdiri hingga saat ini. Tempat ini digambarkan di Tripadvisor sebagai 'destinasi impian untuk bersenang-senang bersama keluarga'.

Pada 2004, ia diberi peran saat ini sebagai Wakil Penguasa kota oleh ayahnya, yang meninggal pada 2009. Ia sekarang menjalankan perannya di bawah kakak laki-lakinya, yang dilantik sebagai Penguasa Umm Al Quwain pada 2009.

Salah satu usaha terbaru Syekh Abdullah adalah membuka klinik pada 2017 bersama sepupunya untuk membantu orang-orang di daerah tersebut yang menderita disleksia.

Meskipun belum pernah terlibat dalam olahraga profesional sebelumnya, dia mungkin bertindak atas nama entitas Emirat yang berbeda. Keterlibatan UEA dalam sepak bola profesional tersebar luas, dengan grup Abu Dhabi memiliki banyak klub sepak bola, termasuk juara Eropa, Manchester City.

 

4 dari 5 halaman

Sikap Levy soal Menjual Spurs

Pemilik saat ini terbuka terhadap apa pun yang menguntungkan klub

Kemungkinan Levy terbuka menjual Spurs nampaknya mustahil. Bahkan lebih kecil kemungkinannya mengingat investasi yang dilakukan pada stadion Tottenham Hotspur, yang dibuka hampir lima tahun lalu. Meski begitu, bukan berarti mustahil.

Berbicara pada 2023 (via football.london), Levy mengaku jika ada tawaran serius yang diajukan untuk membeli klub tersebut, ia akan mempertimbangkannya.

“Saya tidak punya minat untuk meninggalkan Tottenham, tapi saya punya kewajiban untuk mempertimbangkan apa pun yang mungkin ingin diusulkan oleh siapa pun," ujar Levy. 

"Ini bukan tentang saya, ini tentang apa yang benar bagi klub. Kami memiliki 30.000 pemegang saham yang punya sekitar 13,5 persen saham. Kami menjalankan klub ini seolah-olah ini adalah perusahaan publik.

"Jika ada yang ingin mengajukan proposal serius kepada dewan direksi Tottenham, kami akan mempertimbangkannya bersama dengan penasihat kami. Dan jika kami merasa hal itu demi kepentingan klub, kami akan terbuka untuk apa pun."

 

5 dari 5 halaman

Kandidat Pembeli Tottenham

Belum ada indikasi Syekh Abdullah ingin membeli Tottenham. Namun, jika Levy menjualnya, klub Liga Inggris itu kemungkinan tidak akan kekurangan tawaran.

Beredar laporan yang menyebutkan bahwa Sheikh Jassim, orang yang berusaha mengawasi penjualan penuh Manchester United sepanjang 2023, bisa kembali dengan tawaran untuk membeli klub London tersebut.

Tawaran sebesar 5 miliar pounds dari Qatar ditolak oleh keluarga Glazer. Setelah itu perwakilan Jassim mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan bahwa Amerika tidak tertarik pada penjualan penuh.

Sir Jim Ratcliffe malah diberikan saham minoritas di klub dan ketua INEOS tidak yakin Jassim akan mengajukan tawaran untuk Spurs dalam waktu dekat.

Nama lain yang dikaitkan dengan potensi mengajukan tawaran untuk klub tersebut adalah Jahm Najafi dari Iran. Ketua MSP Sports, Najafi, memiliki ikatan dengan beberapa tim di Eropa, termasuk klub Jerman FC Augsburg dan klub Portugal GD Estoril.

Dia juga memiliki saham minoritas di tim NBA Phoenix Suns, dan bersedia mengeluarkan lebih dari £3 miliar untuk menjadi pemilik baru Tottenham.

Sumber: Givemesport

 

Video Populer

Foto Populer