Sukses


Profil Indomanutd, Komunitas Suporter MU Tertua di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pada 13 Maret 2024, Indomanutd baru saja merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-24. Berdiri sejak 2000, Indomanutd menjadi komunitas suporter Manchester United (MU) pertama di Indonesia.

Kelahiran Indomanutd terinspirasi dari pencapaian treble winners MU yang meraih tiga gelar sekaligus yaitu Premier League, Piala FA, dan Liga Champions pada 1998/1999.

Indomanutd didirikan oleh belasan orang. Dua di antaranya adalah Samuel Rismana dan Ruben Setiawan. Keduanya mengajak 12 fans MU lainnya untuk membentuk mailing list (milis) pada 2000.

Bersama-sama, para pendiri Indomanutd mencari fans MU lainnya untuk bergabung. Pelan tapi pasti, para penggila tim berjulukan Setan Merah itu mulai terjaring dan melakukan kopi darat (kopdar). Setahun berjalan, Indomanutd menjadi organisasi dan mulai dikenal di masyarakat.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

41 Regional

Dalam perjalanannya, Indomanutd mengalami berbagai pasang surut. Terutama dinamika di dalam komunitas. Namun, nama IndoManUtd tetap besar layaknya kecintaannya terhadap MU.

Indomanutd mempunyai kurang lebih 41 regional yang tersebar di banyak daerah, hampir dari Sabang hingga Merauke. Ada Indomanutd Banda Aceh di ujung barat Indonesia dan Kupang di Timur Indonesia.

Selain itu, setiap regional Indomanutd juga memiliki logo masing-masing yang berbeda, namun tetap beririsan dengan lambang Indomanutd.

3 dari 7 halaman

Jumlah Anggota

"Komunitas pendukung MU di Indonesia ada empat. Namun, kami yang paling tua," ujar Jeffry Hutabarat, Koordinator Lapangan (Korlap) Indomanutd Jakarta membuka cerita kepada Bola.com.

Selain Indomanutd, tiga kelompok suporter MU lainnya di Indonesia dengan basis massa banyak adalah United Indonesia (UI), United Army (UA), dan Simpatisan United (SU). "Tidak ada fans ofisial dari MU," tuturnya.

Jumlah anggota aktif Indomanutd berkisar di antara 10 ribu lebih. Dari Indomanutd sudah menyumbang 1.800 member. Hanya saja, sejak pandemi COVID-19, animo sejumlah regional menurun.

Lantas, bagaimana cara untuk menjadi anggota Indomanutd? Fans MU yang tertarik tinggal mengakses situs Indomanutd, indomanutd.org dan memilih menu membership lalu mengikuti panduannya.

4 dari 7 halaman

Cara Menjadi Member

"Untuk menjadi anggota, tinggal mengisi form di situs Indomanutd dan membayar iuran Rp60 ribu untuk mendapatkan kartu hingga merchandise. Setelah itu, membership-nya kami kirim biasanya ke regional masing-masing," ungkap Jeffry Hutabarat.

Saat ini, Indomanutd dipimpin oleh Bryan Akbar Ramadika Iswijayanto. Pria yang berasal dari Indomanutd Semarang ini telah menakhodai organisasi sejak 2021. Dia sudah menjadi anggota Indomanutd selama 14 tahun.

Selain website, Indomanutd juga aktif di media sosial. Indomanutd dapat ditemukan di X dengan akun @indomanutd, di Instagram @indo.manutd, di Facebook IndoManUtd, dan di TikTok @indomanutd.

Selain nonton bareng, Indomanutd juga rutin menggelar gathering natsional (gathnas). Indomanutd juga berencana untuk menghidupkan kembali program prestise tur Old Trafford.

5 dari 7 halaman

Tur Old Trafford

"Tahun ini, kami akan membuat tur Old Trafford. Sebelum COVID-19, agenda ini rajin kami buat pada setiap tahun. Namun, sejak pandemi, baru pada tahun ini kami bikin lagi," imbuh Jeffry Hutabarat.

Tur Old Trafford berbiaya kurang lebih Rp40 juta per orang. Apa saja yang didapatkan? Fans Setan Merah bakal merasakan sensasi menonton MU melawan Arsenal dalam pekan ke-37 Premier League di Old Trafford pada 11 Mei 2024.

"Turnya dijadwalkan pada Mei 2024 untuk laga kandang terakhir MU di Premier League. Sejauh ini, sudah banyak yang daftar. Pendaftaran dibuka sampai akhir bulan ini," ujar Jeffry Hutabarat.

"Rp40 juta sudah semua, termasuk tiket pertandingan, hotel delapan hari, pesawat pulang-pergi. Yang belum dapat adalah makan siang dan makan malam. Nantinya, kami bukan hanya menonton MU," ungkapnya.

6 dari 7 halaman

Membawa Atmosfer Old Trafford ke Nobar

"Juga ada stadium tour, ke Carrington, jalan-jalan ke Liverpool. Kami juga usahakan bisa gala dinner dengan legenda MU. Sebab, kami membuat tur ini bukan hanya untuk menonton MU dan tur stadion, tapi ada experience yang lebih," imbuh Jeffry Hutabarat, pimpinan Indomanutd Jakarta ini.

"Bahkan, ide gila kami, ingin bikin satu partai ekshibisi melawan satu di antara tim kecamatan di Manchester. Sebab, kami tidak mau jual tur biasa-biasa saja. Sama seperti nobar, Indomanutd tidak mau cuma diam, tidak pernah. Kalau gol ada flare dan nge-chants."

"Kami selalu bilang ke anak-anak Indomanutd, kalau nobar harus membawa atmosfer Old Trafford atau kita sebagai suporter di sana. Di sisi lain, harapan kami ingin MU makin baik dan tidak salah beli pemain," kata Jeffry Hutabarat menutup.

7 dari 7 halaman

Profil Indomanutd

Nama Komunitas: Indomanutd

Tanggal dan Tahun Berdiri: 13 Maret 2000

Ketua Umum: Bryan Akbar Ramadika Iswijayanto

Jumlah Anggota: ±10.000

Website: indomanutd.org

Akun Media Sosial: X @indomanutd, Instagram @indo.manutd, Facebook IndoManUtd, TikTok @indomanutd

Region Indomanutd: Jakarta, Surabaya, Batam, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bogor, Palembang, Banda Aceh, Bandung, Bekasi, Cibubur, Bengkulu, Kudus, Salatiga, Sukabumi, Tanjung Pinang, Baturaja, Kediri, Blitar, Bali, Kendal, Tanjung Balai Karimun, Kisaran, Pekanbaru, Kupang, Krian, Mojokerto, Ungaran, Depok, hingga Sumba

Video Populer

Foto Populer