Sukses


Profil AIS, Satu-satunya Komunitas Suporter Arsenal di Indonesia dan Sudah Mendapat Pengakuan

Bola.com, Jakarta - Arsenal Indonesia Supporter (AIS) merupakan satu-satunya komunitas suporter Arsenal yang ada di Indonesia. Terbentuk sejak 2003 silam, AIS sudah mendapat pengakuan dan menjadi bagian resmi dari keluarga besar The Gunners.

Berawal dari kegiatan grup mailing list (milis) Arsenal_thegunners, sejumlah pencinta Tim Meriam London melakukan kopdar untuk menggelar nonton bareng. Selain itu, mereka juga kerap melakukan kegiatan olahraga bersama.

Untuk semakin mengakomodir kegiatan-kegiatan pendukung Arsenal di Tanah Air, akhirnya pada 23 April 2003 terbentuklah Arsenal Indonesia Suporter.

"Awalnya dari sebuah grup milis Arsenal_thegunners, lalu beberapa member mulai rutin melakukan kopdar nonton bareng match Arsenal dan main bola pantai yang saat itu sedang populer. Selanjutnya, dibentuklah Arsenal Indonesia Supporters pada April 2003," jelas Ketua AIS saat ini, Alif Sapto Nugroho.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Anggota hingga 16 Ribu

Bakal berulang tahun yang ke-21 pada 23 April 2024, AIS telah berkembang pesat dan menjadi satu di antara komunitas suporter terbesar di Indonesia. Sampai saat ini, AIS telah memiliki hingga 16 ribu lebih member resmi.

Selain itu, mereka juga tersebar di 134 regional (kota) di 38 provinsi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah AIS Banda Aceh, AIS Bukittinggi, AIS Batam, AIS Lampung, AIS Jakarta, AIS Depok, hingga AIS Jayapura.

Uniknya, regional-regional tersebut memiliki logo khas masing-masing yang mengggambarkan daerah asalnya.

"Saat ini, AIS sudah memiliki 134 regional di 38 provinsi. Kami juga sudah terdaftar resmi sejak 2004 sebagai Official Supporters Club Arsenal," tambah Alif.

 

3 dari 5 halaman

Kerap Melakukan Kegiatan Amal

AIS tidak hanya menggelar nobar, olahraga bersama, ataupun gathering natsional (gathnas), tetapi juga menghelat kegiatan amal. Satu di antara kegiatan tersebut adalah Be a Gunner Be a Runner (BAGBAR), event charity run yang awalnya adalah sebuah ajang global dari Arsenal FC bekerjasama dengan Arsenal Foundation.

"Saat awal berdiri mengumpulkan para pecinta Arsenal untuk kopdar, nonton Arsenal bareng dan olahraga bersama. Seiring berjalan waktu dan semakin besar AIS berusaha menjadi perkumpulan yang juga dekat dengan kegiatan sosial masyarakat," kata Alif.

"Dondarnas (Donor Darah Nasional) yang diselenggarakan serentak se-Indonesia, tahun ini memasuki tahun ke-11, dan bekerjasama resmi dengan Palang Merah Indonesia. Event ini merupakan event Donor Darah terbesar yang diselenggarakan oleh sebuah Komunitas secara nasional," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Cara Menjadi Member

Bagi sahabat Bola.com yang merupakan pencinta Arsenal dan ingin menjadi member, bisa melakukan pendaftaran di website resmi serta akun media sosial AIS. Namun untuk saat ini, pendaftaran telah ditutup dan akan kembali dibuka pada awal musim depan.

"Pendaftaran untuk menjadi member dibuka sebelum awal musim liga," ucap Alif yang sudah menjadi anggota AIS sejak 2003 dan menjabat sebagai ketua umum pada 2004,

"Dapat dilihat infonya di website www.arsenal-indonesia.com atau di social media AIS @ID_ARSENAL, Instagram dan juga X," jelas pria yang pernah menjabat sebagai CEO Persik Kediri pada 2022 hingga 2023 tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Profil Arsenal Indonesia Suporter (AIS)

Nama Komunitas: Arsenal Indonesia Suporter (AIS)

Tanggal dan Tahun Berdiri: 23 April 2003

Ketua Umum: Alif Sapto Nugroho

Jumlah Anggota: 16.000+

Website: www.arsenal-indonesia.com

Akun Media Sosial: ID_ARSENAL (X dan Instagram)

Video Populer

Foto Populer