Sukses


Hasil Piala FA: Dramatis! Gol Amad Diallo pada Babak Tambahan Pastikan MU Singkirkan Liverpool

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) secara dramatis berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor 4-3 pada perempat final Piala FA 2023/2024, Minggu (17/3/2024) malam waktu setempat. Amad Diallo menjadi pahlawan kemenangan berkat golnya di menit akhir babak tambahan kedua.

Saling berbalas gol terjadi sepanjang pertandingan. Pada 90 menit waktu normal, MU lebih dulu mencetak gol lewat sepakan Scott McTominay saat laga baru berusia 10 menit.

Jelang babak pertama berakhir, Liverpool berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 tatkala Alexis Mac Allister dan Mohamed Salah menyumbangkan golnya masing-masing menit 44' dan 45+2'.

Tempo pertandingan tak berkurang pada awal babak kedua, tetapi pergantian pemain jitu yang dilakukan Erik ten Hag berbuah manis menit 87'. Antony yang baru masuk langsung memberikan pengaruh nyata berkat gol penyama kedudukan.

Laga harus dilanjutkan ke babak tambahan, dan meski MU meraih lebih banyak peluang, Liverpool yang berhasil menambah gol. Harvey Elliott sukses membawa The Reds memimpin 3-2.

Marcus Rashford yang bolak-balik mendapatakan peluang akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada babak tambahan kedua. Namun aktor utama di balik kemenangan MU adalah Amad Diallo, yang mencetak gol dramatis saat laga tersisa beberapa menit saja.

Tak ada lagi gol tercipta hingga laga berakhir, Liverpool gagal memutus rekor tak pernah menang di kandang MU pada pentas Piala FA sejak 103 tahun setelah kekalahan menyakitkan 3-4.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jalannya Laga Babak 1

Berbekal rekor 103 tahun tak pernah kalah di Old Trafford pada ajang Piala FA dari Liverpool, MU tampil menggebrak sejak menit awal. Hasilnya, McTominay sukses membuat seisi stadion bersorak lewat golnya menit 10'.

Gol bermula saat tendangan keras Alejandro Garnacho mampu ditepis Caomhin Kelleher. Namun bola liar berhasil dilanjutkan oleh McTominay yang berada pada tempat dan waktu yang tepat.

Sekitar 15 menit setelah gol tersebut, MU hampir menambah keunggulan. Kali ini lewat peluang Bruno Fernandes, yang sayangnya masih tipis di atas gawang Liverpool.

McTominay hampir merobek gawang Kelleher untuk kali kedua, tetapi tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti mampu diadang kiper Liverpool tersebut.

Gol tersaji menit 37' lewat eksekusi Wataru Endo, akan tetapi dianulir karena ada offside selama proses gol tercipta. Barulah menit 44', Mac Allister berhasil menyamakan kedudukan.

Belum hilang rasa terkejut fans MU, Mohamed Salah membuat seisi tribune di Old Trafford terdiam berkat golnya pada injury time. Babak pertama, Liverpool memimpin 2-1.

 

3 dari 4 halaman

Jalannya Laga Babak 2 dan Babak Tambahan

Berbeda dengan babak pertama, pada babak kedua ini Liverpool yang langsung mendominasi jalannya laga. Peluang didapat Dominik Szoboszlai menit 56', tetapi tendangannya masih bisa ditepis Andre Onana.

Setelah itu, gantian Darwin Nunez yang memperoleh peluang pada menit 63'. Lagi-lagi, Onana jadi mimpi buruk buat Liverpool setelah berhasil mematahkan serangannya.

Manajer MU, Erik ten Hag, mencoba untuk mengubah pola permainan. Beberapa pemain ditarik keluar, lalu ia memasukkan Harry Maguire dan Antony.

Hasilnya, Antony sukses melepaskan tendangan dengan kaki kanannya dari dalam kotak penalti yang melewati jangkauan Kelleher pada menit 87'. Skor 2-2 bertahan, babak tambahan pun harus dilalui guna menentukan pemenang.

Harvey Elliott, pemain yang baru masuk pada babak kedua, tepatnya dari menit 72', berhasil membawa Liverpool memimpin berkat tendangan menyusur tanahnya yang tidak mampu diamankan Onana beberapa saat jelang babak tambahan pertama berakhir.

Marcus Rashford yang bolak-balik mendapatakan peluang akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada babak tambahan kedua. Namun aktor utama di balik kemenangan MU adalah Amad Diallo, yang mencetak gol dramatis saat laga tersisa beberapa menit saja.

Tak ada lagi gol tercipta hingga laga berakhir, Liverpool gagal memutus rekor tak pernah menang di kandang MU pada pentas Piala FA sejak 103 tahun setelah kekalahan menyakitkan 3-4.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • MU (4-2-3-1): Andre Onana; Aaron Wan-Bissaka (Harry Maguire 71'), Raphael Varane (Amad Diallo 85'), Victor Lindelof, Diogo Dalot; Scott McTominay, Kobbie Mainoo (Christian Eriksen 80'); Alejandro Garnacho, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Rasmus Hojlund (Antony 71')
  • Pelatih: Erik ten Hag
  • Liverpool (4-3-3): Caoimhin Kelleher; Joe Gomez, Jarell Quansah, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Conor Bradley 76'); Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Dominik Szoboszlai (Harvey Elliott 72'); Mohamed Salah (Cody Gakpo 77'), Darwin Nunez, Luis Diaz
  • Pelatih: Jurgen Klopp

Video Populer

Foto Populer