Sukses


Liga Inggris: Setelah Everton, Giliran Nottingham Forest Kena Sanksi Pengurangan Poin

Bola.com, Jakarta - Premier League resmi memberikan sanksi pengurangan poin kepada Nottingham Forest. Tidak seperti Everton yang mendapatkan sanksi -6 poin, Forest disanksi -4 poin saja.

Kasusnya hampir sama, yakni karena Nottingham Forest mendapatkan defisit atau kerugian finansial dari jumlah yang telah ditetapkan.

Nottingham Forest 'selamat' dari sanksi pengurangan poin yang lebih besar, yakni enam poin. Sebab, Premier League menilai kubu Forest melakukan koordinasi yang apik selama masa peninjauan.

"Komisi independen telah menerapkan pengurangan empat poin langsung kepada Nottingham Forest FC karena pelanggaran Peraturan Profitabilitas dan Keberlanjutan (PSR) Premier League untuk periode yang berakhir Musim 2022/2023," bunyi pernyataan Premier League.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masih Bisa Banding

Sama seperti Everton, Nottingham Forest masih bisa mengajukan banding. Beberapa laporan dari media Inggris menyebut bahwa tim yang promosi dua musim lalu ke Premier League ini bahkan bisa bebas dari sanksi.

Sikap kooperatif Forest jadi alasan utamanya. Mereka bahkan masih akan menunggu laporan keuangan final terkait transfer Brennan Johnson ke Tottenham Hotspur.

Forest melakukan banyak sekali pembelian pemain pada musim pertamanya di Premier League setelah promosi. Lalu pada musim 2023/2024, mereka melepas Johnson ke Spurs.

Pihak Forest dilaporkan uang dari penjualan Johnson itu seharusnya menutup defisit keuangan klub, tetapi karena perhitungan uang terlambat tiga bulan, ada perbedaan dalam laporan finansial.

 

3 dari 4 halaman

Masuk Zona Degradasi

Akibat dari pengurangan empat poin tersebut, Forest untuk sementara berada di zona degradasi, terpaut satu poin saja dari Luton Town, tim promosi yang akhir pekan kemarin bermain imbang 1-1 dengan Forest.

Belum diketahui kapan Forest akan mengajukan banding. Yang jelas, seperti yang sudah tertera di atas, klub berlogo pohon itu akan menunggu sampai laporan finansial transfer Johnson ke Spurs tuntas.

Sumber: Premier League, Sportsmole

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer