Sukses


Profil CISC: Komunitas Resmi Suporter Chelsea di Indonesia, Rutin Mengundi Member untuk ke Stamford Bridge

Bola.com, Jakarta - Selama 20 tahun sudah komunitas suporter Chelsea di Indonesia yang dikenal dengan nama Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC) terbentuk. Bahkan sudah 15 tahun komunitas ini diakui secara resmi oleh Chelsea FC di London.

Chelsea memang merupakan salah satu klub Premier League yang selalu bersaing di papan atas klasemen Premier League sejak era 1990-an. Seperti klub besar Inggris lainnya, Chelsea pun memiliki jumlah suporter yang tidak sedikit di Indonesia.

Apalagi ketika Roman Abramovich datang mengambil alih Chelsea pada Juni 2023 dan mengembangkan klub London itu. Antusiasme fans The Blues pun makin terasa karena tim pun makin mampu bersaing di level tertinggi.

Begitu banyak gelar juara berhasil diraih oleh Chelsea setelah Roman Abramovich datang. Satu musim berselang, Chelsea berhasil meraih dua gelar juara, yaitu Premier League dan Piala Liga Inggris. 2024/2025.

Setelah itu makin banyak trofi juara diraih Chelsea di bawah asuhan banyak pelatih yang silih berganti datang dan pergi.

5 trofi juara Premier League, 5 trofi Piala FA, 3 trofi Piala Liga Inggris, 2 trofi Liga Champions, 2 trofi Liga Europa, 2 trofi Piala Super Eropa, dan 1 trofi Piala Dunia Klub, dan beberapa trofi lain, jelas menjadi bukti betapa besar prestasi The Blues.

Jadi sangat wajar jika Chelsea memiliki suporter dengan basis massa yang besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Bahkan komunitas penggemar Chelsea di Indonesia yang dikenal dengan nama Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC) pun memiliki ribuan anggota.

2 dari 6 halaman

Tersebar di 38 Kota

CISC terbentuk pada 7 Oktober 2023, hanya beberapa bulan setelah kedatangan Roman Abramovich sebagai pemilik baru The Blues.

Lima tahun berselang, tepatnya pada 2008, CISC mendapatkan pengakuan dari Chelsea FC sebagai wadah komunitas resmi The Blues di Indonesia.

Perkembangan sebaran wilayah komunitas pun terbilang luar biasa. Kini CISC memiliki enam regional wilayah dengan total 38 chapter kota/kabupaten.

Keenam regional wilayah itu adalah Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, Timbrasa (Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara), Kalimantan, dan Sindotim (Sulawesi dan Indonesia Timur).

Sumatra memiliki 6 chapter kota, mulai dari Medan, Pekanbaru, Padang, Bengkulu, Palembang, dan Lampung. Sementara itu ada 8 di Jawa Barat yang meliputi Jakarta, Cilegon, Bekasi, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, dan Bandung.

Sementara itu masing-masing 5 chapter ada di Jawa Tengah dan DIY, serta Timbarsa. Lima chapter di Jawa Tengah dan DIY adalah Solo, Yogyakarta, Salatiga, Magelang, dan Semarang. Sementara 5 di Timbasra meliputi Surabaya, Sidoarjo, Lombok, Malang, dan Banyuwangi.

Kalimantan memiliki enam chapter, masing-masing Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Berau, Banjarmasin, dan Balikpapan. Sementara Sindotim memiliki jumlah seperti Jawa Barat, yaitu delapan chapter, meliputi Makassar, Pinrang, Gorontalo, Palu, Parepare, Kendari, Ambon, dan Jayapura.

3 dari 6 halaman

Punya Beragam Kegiatan; Nonton Bareng dan Olahraga Bersama

Dengan jumlah komunitas yang tersebar dari Medan hingga Jayapura, CISC punya kegiatan utama yang disebut Gathering Nasional (Gatnas).

Selain itu, ada banyak kegiatan lain yang dikelola oleh masing-masing wilayah, mulai dari nonton bareng, berolahraga bersama, hingga sekadar bersilaturahmi dengan pertemuan 'kopi darat'.

"Setiap regional sudah biasa bikin kegiatan nonton bareng masing-masing untuk setiap pertandingan. Kemudian ada juga kegiatan olahraga, seperti futsal dan minisoccer. Ada juga kopdar, baik sebelum pertandingan maupun sesudahnya," ujar Hadist Arviansyah, koordinator CISC Jakarta, saat dihubungi Bola.com.

Sementara untuk Gatnas CISC biasa digelar setiap 7 Oktober, atau setiap kali peringatan hari terbentuknya komunitas Chelsea di Indonesia ini. Salah satu yang paling dinantikan saat Gatnas adalah pengumuman anggota yang beruntung untuk bisa mengikuti tur ke Stamford Bridge.

4 dari 6 halaman

Undian untuk Berangkat ke Stamford Bridge

CISC rutin melakukan pengundian untuk berangkat ke Stamford Bridge. Jumlah anggota yang beruntung bisa ke London pun beragam, tergantung jumlah pendaftaran baru dan perpanjangan member atau renewal setiap tahunnya.

Dari laman resmi Chelsea Indonesia Supporters Club mengenai tanya jawab pendaftaran anggota, dijelaskan CISC punya target anggota setiap tahun yang harus dicapai untuk jumlah peserta yang diberangkatkan nonton langsung di Inggris.

Sebagai contoh, jika mencapai 5.000 anggota dalam tahun itu, maka hanya akan ada satu peserta yang diberangkatkan. Sementara jika mencapai 7.000 anggota, akan ada dua peserta yang berangkat. Namun, jika menembus 10.000 anggota, maka CISC akan memberangkatkan empat peserta.

Sejauh ini, menurut Hadist, jumlah anggota terbanyak yang melakukan pendaftaran baru dan perpanjangan anggota dalam satu tahun adalah 8.000 orang.

"Terbanyak itu dalam setahun ada 8.000 anggota dan saat itu dua orang yang diberangkatkan ke Stamford Bridge," ujar Hadist.

5 dari 6 halaman

Cara Menjadi Member CISC

Anda penggemar Chelsea dan tertarik bergabung bersama CISC, Anda bisa cek https://membership.chelseaindo.or.id/ dan mengikuti panduannya.

Paket membership CISC terbagi menjadi Blue Tier dengan pendaftaran Rp75 ribu, Renewal Tier dengan Rp165 ribu, Gold Tier (Rp175 ribu), dan Platinum Tier (Rp380 ribu).

Ada starter kit menarik di setiap paketnya dan ada slot undian berangkat ke Stamfod Bridge untuk Renewal, Gold, dan Platinum Tier.

6 dari 6 halaman

Profil CISC

Nama komunitas: Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC)

Tanggal berdiri: 7 Oktober 2003

Jadi Official Fans Club: 2008

Ketua: Agung Santoso (Ketua Umum), Amerta Nugraha (Ketua Harian)

Jumlah anggota: 5.000 (terdaftar pada 2024)

Website resmi: Chelseaindo.or.id, membership.chelseaindo.or.id

Akun media sosial: IG: @chelseaindo, YouTube: Studio Bola, Tiktok: @chelseaindo

Wilayah member:

  • Sumatra:
    1. Medan
    2. Pekanbaru
    3. Padang
    4. Bengkulu
    5. Palembang
    6. Lampung
  • Jawa Barat:
    1. Jakarta
    2. Cilegon
    3. Bekasi
    4. Depok
    5. Tangerang
    6. Tangerang Selatan
    7. Bogor
    8. Bandung
  • Jawa Tengah DIY:
    1. Solo
    2. Yogjakarta
    3. Salatiga
    4. Magelang
    5. Semarang
  • Timbasra:
    1. Surabaya
    2. Sidoarjo
    3. Lombok
    4. Malang
    5. Banyuwangi
  • Kalimantan:
    1. Pontianak
    2. Palangkaraya
    3. Samarinda
    4. Berau
    5. Banjarmasin
    6. Balikpapan
  • Sindotim:
    1. Makassar
    2. Pinrang
    3. Gorontalo
    4. Palu
    5. Pare-Pare
    6. Kendari
    7. Ambon
    8. Jayapura

 

Video Populer

Foto Populer