Sukses


Profil United Indonesia: Kelompok Fans MU yang Punya Lebih dari 20 Ribu Anggota

Bola.com, Jakarta - Ada beberapa kelompok suporter Manchester United yang ada di Indonesia. Satu diantaranya bernama United Indonesia.

United Indonesia mengklaim sebagai kelompok pendukung Manchester United terbesar di Indonesia. Organisasi yang berdiri sejak 2006 ini memiliki lebih dari 20.000 anggota yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Wakil ketua umum United Indonesia, Erlangga Putra Pratama bahkan menyebut organisasinya senagai fans club Manchester United terdepan di Tanah Air.

"Jika membicarakan Manchester United sudah pasti nama United Indonesia sebagai fans club Manchester United yang ada di Indonesia menjadi yang terdepan teringat oleh kami sebagai fans Manchester United di Indonesia," katanya kepada Bola.com belum lama ini.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Perkembangan Signifikan

Erlangga Putra Pratama menyebut United Indonesia telah mengalami perkembangan sejak didirikan pada 2006. Perkembangan itu bahkan disebut sangat pesat.

Selain itu jumlah chapter alias organisasi United Indonesia dari setiap kota di Indonesia juga jumlahnya terus bertambah. Data terkini menunjukkan chapter United Indonesia ada 169 chapter

"Sejak didirikan pada tanggal 20 Agustus 2006, United Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah member yang terus meningkat diiringi dengan meningkatnya basis fans United yang dikoordinir oleh United Indonesia di seluruh daerah Indonesia yang dikenal dengan sebutan chapter United Indonesia," jelas Erlangga.

3 dari 5 halaman

Kota Besar

United Indonesia memiliki chapter di hampir semua kota besar di Indonesia. Misalnya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Makassar, dan kota-kota yang lain.

Menurut Erlangga, kota-kota lain pun akan menyusul memiliki chapter United Indonesia dalam waktu dekat.

"United Indonesia telah berkembang menjadi sebuah komunitas utama dan terbesar fans Manchester United di Indonesia, kini United Indonesia telah mempunyai chapter di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Balikpapan, Medan, Bali, Palembang, Solo, Bogor, Semarang, Makasar, dan tentunya kota-kota lain pun akan segera menyusul," tandas Erlangga.

4 dari 5 halaman

Bukan Hanya Sepak Bola

United Indonesia jelas memiliki tujuan utama untuk memberikan dukungan maksimal kepada Manchester United ketika bertanding. Namun, mereka rupanya tak hanya melakukan kegiatan yang berkaitan dengan sepak bola.

Kegiatan filantropi pun kerap mereka lakukan. Misalnya di Ramadan seperti ini, United Indonesia melakukan buka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu.

Selain itu tentu saja ada kegiatan rutin yang selalu dilakukan United Indonesia. Yakni Gathering Nasional bermain sepak bola atau futsal bersama para anggota, hingga menyaksikan aksi para pemain Manchester United secara langsung ketika mereka melakukan tur Asia.

5 dari 5 halaman

Profil United Indonesia

  • Nama Komunitas: United Indonesia
  • Tanggal dan Tahun Berdiri: 20 Agustus 2006
  • Ketua Umum: Muhammad Saifudin
  • Jumlah Anggota: 20.000+
  • Website: www.unitedimdonesia.org
  • Media Sosial: @unitedindonesia

Video Populer

Foto Populer