Sukses


Gara-gara Sir Jim Ratcliffe, MU Bisa Dilarang Tampil di Eropa: Kok Bisa?

Bola.com, Jakarta - Kabar menarik muncul terkait kemungkinan dilarangnya Manchester United (MU) tampil di kompetisi Eropa musim 2024/2025. 

Kemungkinan di atas muncul karena Sir Jim Ratcliffe membeli saham minoritas di klub tersebut. Saat ini tercatat Ratcliffe juga memiliki tim Ligue 1 Prancis, OGC Nice.

OGC Nice saat ini berada di posisi kelima di Ligue 1. Artinya ada kemungkinan MU dan Nice sama-sama mentas di Liga Champions.

Sementara itu UEFA memiliki regulasi ketat terkait dua tim yang dimiliki satu orang yang sama. Peraturan UEFA tentang kepemilikan multi-klub berarti tim yang dimiliki orang yang sama itu tidak akan diizinkan untuk berkompetisi di kompetisi yang sama.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

2 dari 4 halaman

Situasi Aman Jika MU di Liga Champions, Nice ke Liga Europa

UEFA telah mengubah sedikit aturan mereka, dengan mengizinkan klub-klub dengan kepemilikan yang sama untuk berkompetisi di kompetisi Eropa yang berbeda mulai musim depan.

Artinya situasi aman jika MU mentas di Liga Champions, sementara Nice mentas pada ajang Liga Europa.  Akan tetapi larangan bagi tim-tim tersebut untuk bermain di turnamen yang sama tetap ada.

"Memang benar bahwa MU dan Nice tidak bisa bermain di kompetisi yang sama. Akan tetapi mereka bisa bermain di kompetisi yang berbeda," kata orang dalam UEFA seperti dikutip dari The Sun.

3 dari 4 halaman

Posisi di Kompetisi Reguler Jadi Pertimbangan

Jika MU dan Nice akhirnya lolos ke kompetisi yang sama, maka peraturan UEFA mengatur bahwa klub yang menduduki peringkat tertinggi di kejuaraan domestik akan diutamakan.

Menariknya Ratcliffe pernah menegaskan pada bulan Februari lalu bahwa peraturan tersebut tidak akan berdampak pada MU untuk bermain di Eropa. 

Dia mengatakan bahwa peraturan telah berubah dan regulasi bersifat abu-abu bukan hitam putih. Kesimpulannya Ratcliffe percaya bisa mengakali regulasi dengan mengubah struktur kepemilikan.

"Jadi, ini semua tentang pengaruh dan posisi di dewan direksi dan hal-hal semacam itu," tegas Ratcliffe. 

"Manchester City mungkin akan memiliki masalah sebelum kami memiliki problem ini. Karena mereka jelas memiliki Girona yang bermain bagus di La Liga," pungkas Ratcliffe.

Sumber: Mirror, The Sun

Penulis: Arraafi Adna Yudistira

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer