Sukses


Sulitnya Liverpool Mencari Pengganti Jurgen Klopp, Lho Ada Apa Lagi Nih?

Bola.com, Jakarta - Liverpool sedang menghadapi situasi unik. Adalah fakta mereka bakal ditinggalkan Jurgen Klopp pengujung Liga Inggris 2023/2024. 

Terlepas sukses atau tidaknya musim terakhir Jurgen Klopp, Liverpool punya pertanyaan yang lebih sulit dijawab. 

Pertanyaan yang dimaksud yaitu siapa pengganti Klopp? Tentunya manajemen The Reds harus mencari pengganti sepadan. 

Soal pencarian siapa pengganti Klopp kini jadi masalah besar. Karena kandidat terkuat Xabi Alonso justru memilih bertahan di Bayer Leverkusen. 

Padahal profil Xabi dianggap sangat cocok: jebolan Liverpool plus punya karier manajerial mentereng selama di Leverkusen. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penolakan Xabi Alonso

Ya, keinginan Liverpool untuk memakai jasa Alonso sepertinya tidak akan terwujud. Xabi sudah menegaskan keputusannya untuk bertahan di Leverkusen. Baginya, ini adalah keputusan terbaik.

“Saya mengadakan pertemuan yang baik dengan Bayer Leverkusen dan saya memberi tahu mereka bahwa saya akan tinggal dan terus berada di klub," ujar Xabi.

“Setelah banyak pembicaraan tentang masa depan saya, saya menggunakan waktu istirahat untuk merenung dan mengambil keputusan. Inilah tempat yang tepat untuk saya."

3 dari 5 halaman

Tempat yang Lebih Pas

Xabi Alonso mengaku dirinya sebelumnya sudah mengambil waktu khusus untuk memikirkan soal masa depannya.

Ia akhirnya mengaku memilih bertahan di Bayer Leverkusen ketimbang pindah ke Liverpool karena merasa Leverkusen sekarang ini merupakan tempat yang pas baginya untuk mengembangkan kariernya.

“Saya mengadakan pertemuan yang baik dengan Bayer Leverkusen dan saya memberi tahu mereka bahwa saya akan bertahan dan terus berada di klub," ujar Xabi dikutip dari Fabrizio Romano.

“Setelah banyak pembicaraan tentang masa depan saya, saya menggunakan waktu istirahat untuk merenung dan mengambil keputusan. Inilah tempat yang tepat untuk saya," tegasnya.

4 dari 5 halaman

Respons Klopp

Jurgen Klopp lantas ditanya terkait keputusan Alonso itu. Ia mengaku dirinya pernah berada di situasi yang sama dengan eks gelandang Timnas Spanyol tersebut.

“Satu bagian yang dapat saya bicarakan, seorang manajer muda berada di klub di mana ia bekerja dengan sangat baik. Saya pernah berada dalam situasi yang sama, dan melakukan hal yang hampir sama jika Anda mau," ucapnya seperti dilansir Liverpool Echo.

"Dan tidak pernah menyesalinya. Hanya itu yang bisa saya katakan tentang hal itu," tegas Klopp.

5 dari 5 halaman

Jadi Siapa Pengganti Klopp?

Dengan penolakan Xabi Alonso, kini opsi yang dipunyai Liverpool terbatas untuk menggantikan Klopp. Diyakini kini Manajer Brighton, Roberto De Zerbi jadi kandidat terkuat. 

De Zerbi dikenal sangat pelatih dengan gaya main menyerang aktraktif. Namun taktik tersebut baru sekadar sukses di tim medioker macam Sassuolo atau Brighton. 

Apakah ia bisa menularkan sukses tersebut di tim sebesar Liverpool? Sangat menarik tentunya untuk ditunggu. 

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer