Sukses


Tidak Hanya Manchester United, Berikut Daftar Klub Olahraga yang Dibeli Sir Jim Ratcliffe

Bola.com, Jakarta - Sir Jim Ratcliffe merupakan salah satu pemilik baru yang memperoleh 25% saham di Manchester United pada akhir 2023. Kepemilikan yang disahkan pada Februari 2024 tersebut memberikan Ratfcliffe kendali atas kebijakan olahraga Red Devils

Era keluarga Glazers, pemilik Manchester United sebelumnya, telah berakhir. Hal tersebut merupakan napas segar bagi para penggemar Manchester United yang menuntut perubahan. Meskipun keluarga Glazer menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain, kinerja tim justru mengalami penurunan.

Jim Ratcliffe yang kini turut serta dalam pengelolaan klub ini dikenal telah terlibat dalam berbagai cabang olahraga melalui perusahaannya, INEOS. Hal ini menunjukkan bahwa Ratcliffe memperluas minatnya ke berbagai cabang olahraga.

Menurut daftar orang terkaya Forbes secara real-time, orang Inggris tersebut adalah orang terkaya ke-114 di dunia dan orang kedua terkaya dari Inggris Raya. Kekayaan Ratcliffe menyentuh nilai £16,2 miliar atau setara dengan Rp325 triliun.

Ratcliffe mendirikan INEOS pada tahun 1998 yang berperan sebagai salah satu produsen global terkemuka petrokimia, produk kimia khusus, dan minyak. Melalui INEOS, pria berusia 71 tahun tersebut mampu mengelola beberapa organisasi olahraga terbesar di dunia.

Ketika Ratcliffe terus mendapatkan lebih banyak perhatian dalam berita karena pengaruhnya terhadap Manchester United, GIVEMESPORT telah melihat lebih dekat semua klub olahraga yang ia miliki saat ini. Ratcliffee membeli klub olahraga pertamanya pada tahun 2017, tetapi sejak itu ia memperluas portofolionya dan mengakuisisi lebih banyak klub.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

FC Lausanne-Sport

FC Lausanne-Sport menjadi petualangan pertama Sir Jim Rafcliffe ke dunia olahraga yang terjadi pada tahun 2017. Setelah bertahun-tahun INEOS berinvestasi dalam olahraga pemuda dan komunitas di Canton Vaud, wilayah di mana Lausanne berada, kini mereka memperoleh kendali penuh atas klub Swiss itu.

OGC Nice

Pada tahun 2019, miliarder tersebut membeli Nice dari pengusaha Tionghoa-Amerika Chien Lee dengan nilai transfer sebesar £91 juta atau setara Rp1,8 triliun. Pembelian itu diharapkan agar ia memberikan dukungan finansial untuk membantu klub, tetapi ternyata belum terjadi.

Dalam enam tahun sebelum Ratcliffe membeli Nice, klub tersebut finis di empat besar Ligue 1 sebanyak tiga kali. Dengan bimbingan Claude Puel dan kemudian Lucien Favre sebagai manajer, mereka membantu Nice menjadi klub pintar mencari bakat. Namun, Ratcliffe, pemilik saat ini, kesulitan mempertahankan kesuksesan klub sebelumnya.

 

3 dari 5 halaman

INEOS Grenadiers

Ratcliffe juga merambah ke jalur lain, yakni bersepeda. Ia mengubah Team Sky dan menamainya Team INEOS yang akhirnya menjadi INEOS Grenadiers. Pengambilalihan ini terjadi pada tahun 2019 dan Ratcliffe langsung merasakan kesuksesan saat mereka memenangkan Tour de France 2019.

Mercedes-AMG Petronas

Pada Desember 2020, INEOS mengumumkan bahwa mereka telah menjadi pemegang saham sepertiga dari tim Mercedes F1, yang dimiliki dalam tiga bagian yang sama bersama Mercedes-Benz Group AG dan Toto Wolff.

Semenjak itu, Mercedes tidak lagi menjadi tim yang sukses seperti dulu. Mereka memenangkan Gelar Constructor 2021, tetapi kalah dalam perburuan gelar yang diamanatkan kepada Max Verstappen. Sementara itu, regulasi baru sejak awal 2022 membuat mereka mengalami ketidakpastian. Mercedes hanya memiliki satu kemenangan sejak awal 2022.

 

4 dari 5 halaman

Ineos Britania

Sementara itu, Ratcliffe dan INEOS mulai terjun di dunia pelayaran pada tahun 2020. Mereka berencana memberikan dukungan finansial untuk usahanya di Piala Amerika ke-36 tahun 2021 di Auckland. Namun, tim yang dipimpin Sir Ben Ainslie itu kalah 7-1 di final babak kualifikasi.

Piala Amerika ke-37 akan digelar di Barcelona pada Agustus 2024 dan diharapkan mampu mencetak sejarah. Tidak seperti cabang lain, seperti sepak bola dan bersepeda, sulit untuk menilai kesuksesan Ratcliffe di sini, karena bantuannya sebagian besar berupa finansial.

 

5 dari 5 halaman

Manchester United

Pembelian terbaru Ratcliffe membuatnya menjadi co-owner Manchester United dengan investasi minoritas di klub dan kendali olahraga. Pembelian sahamnya adalah sebesar 27,7 persen di klub senilai £1,31 miliar atau setara Rp26 triliun. Selain itu, ada tambahan £158 juta atau setara Rp3 tirilun untuk investasi awal di klub untuk renovasi Old Trafford, serta tambahan £179 juta atau Rp3,5 triliun menjelang akhir tahun.

Fokus utama Ratcliffe adalah melakukan restrukturisasi klub yang menghadapi kesulitan yang diakibatkan oleh pemilik sebelumnya. Pengusaha Inggris itu mencoba untuk memikat Direktur Sepak Bola Dan Ashworth dari Newcastle dan membawa mantan kepala Manchester City Omar Berrara sebagai CEO baru klub.

Sumber: Give Me Sports

Video Populer

Foto Populer