Sukses


Liga Inggris: Man City Hadapi Luton Town, Pep Guardiola Bersedia Mengistirahatkan Rodri

Bola.com, Jakarta - Manchester City menjamu Luton Town dalam laga pekan ke-33 Premier League 2023/2024, Sabtu (13/4/2024) malam WIB. Manajer Man City, Pep Guardiola, mengaku akan mengistirahatkan Rodri dalam laga ini karena sang pemain memang membutuhkannya.

Rodri telah memainkan 41 pertandingan di semua kompetisi pada musim ini. Pep Guardiola mengindikasikan rencana untuk memberikan istirahat kepada kompatriotnya itu untuk istirahat setelah hasil imbang 3-3 dengan Real Madrid di Liga Champions.

Tim asuhan Pep Guardiola itu akan menghadapi tim peringkat tiga dari bawah klasemen Premier League, Luton Town, di Etihad Stadium pada akhir pekan ini. Manajer tim asal Spanyol itu pun menegaskan akan memenuhi keinginan Rodri untuk beristirahat.

"Jika seorang pemain tidak ingin bermain, maka dia tidak akan bermain, sederhana saja," ujar Pep Guardiola seperti dilansir dari BBC Sport.

Hasil imbang 3-3 melawan Real Madrid di leg pertama perempat final Liga Champions membuat Rodri sudah melewati 429 hari dan 66 pertandingan sejak sang pemain sempat tidak bermain dalam satu laga bersama Man City.

Dari lima liga top Eropa musim ini, hanya tiga pemain yang tampil sebagai starter lebih banyak ketimbang Rodri. Bek Arsenal, William Saliba, dan dua orang penjaga gawang.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peran Penting Rodri

Rodri terhitung hanya absen dalam empat pertandingan kompetisi domestik yang dijalani Man City pada musim ini karena hukuman akumulasi kartu. Menariknya, Man City kalah dalam keempat pertandingan itu.

"Lihatlah permainan kami dan kemudian Anda akan menyadarinya. Dia sangat penting karena kualitas yang dia berikan," ujar Guardiola.

"Saya merasa bahwa pertandingan ketika dia lelah seperti melawan Crystal Palace dan Real Madrid, dia lebih baik bermain di babak kedua. Dia berlari lebih banyak dan lebih presisi di babak kedua ketimbang di babak pertama."

"Lebih dari sekadar fisik, ini adalah masalah yang menghabiskan energi mental. Bermain setiap tiga hari, tentu saja dia lelah," lanjut mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu.

3 dari 4 halaman

Jadwal Padat Jadi Penyebab Pemain Cedera

Pep Guardiola juga menegaskan bahwa kalendar pertandingan yang makin sibuk memberikan tekanan kepada pemain dan menjadi salah satu penyebab banyaknya pemain cedera.

Man City yang masih berkompetisi di tiga kompetisi berbeda pada musim ini, sudah memainkan tiga pertandingan pada April ini, di mana lima pertandingan lain masih akan dihadapi.

Kemudian Man City akan menjalani enam pertandingan pada Mei 2024, plus kemungkinan final Liga Champions pada 1 Juni 2024.

"Ini makin buruk dan semakin buruk," tegas Guardiola.

Sumber: BBC Sport

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer