Sukses


Ada Benang Merah antara Pep Guardiola dan Mikel Arteta, Apa Itu?

Bola.com, Jakarta - Legenda Arsenal, David Dein, meyakini Pep Guardiola dan Mikel Arteta punya satu kesamaan. Manajer Manchester City, Guardiola, dan manajer Arsenal, Arteta, tersebut sama-sama banyak terpengaruh oleh pelatih legendaris The Gunners, Arsene Wenger. 

Dein berperan penting membawa Wenger ke Highbury pada 1996. Wenger merevolusi sepak bola Inggris secara keseluruhan ketika menerapkan penguasaan bola di Arsenal.

Selama bertahun-tahun, gaya permainan ini telah berkembang dengan Pep Guardiola sebagai pendukung utama passing football di era Premier League.

Sementara itu, Mikel Arteta, dibawa ke Arsenal pada 2011, empat tahun setelah Dein meninggalkan klub. Kini, mantan petinggu The Gunners itu secara eksklusif menjelaskan kesamaan yang dia lihat antara Wenger, dengan Guardiola dan Arteta yang sedang bersaing dalam perebutan gelar Liga Inggris 2023/2024.

“Arsene adalah seorang pencinta sepak bola,” ujar Dein, seperti dikutip Four Four Two, Rabu (17/4/2024). 

"Dia penggemar ungkapan penguasaan dengan kemajuan. Dia menyukai permainan passing dan dengan Invincibles, Anda akan mendapatkan 20-30 operan sebelum lawan mendapatkan bola," imbuh Dean. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pencapaian Luar Biasa

Menurut Dean, keistimewaan Wenger mirip dengan yang sekarang diterapkan Guardiola. 

“Anda memiliki pemain yang sangat ahli, pemain yang sangat terampil, untuk membentuk tim dan memiliki mentalitas yang tepat, itu adalah pencapaian yang luar biasa," kata Dean. 

"Di satu sisi, saya yakin Pep Guardiola bermain dengan cara yang mirip dengan Arsene, dan saya pikir Mikel juga mewarisinya," imbuh dia. 

 

 

3 dari 4 halaman

Bagus untuk Sepak Bola

Bertahun-tahun yang lalu, Wenger mengklaim Guardiola tertarik untuk bergabung dengan Arsenal. Menurut Dean, keputusan Guardiola "meniru" gaya Wenger bagus untuk sepak bola. 

“Saya pikir banyak manajer telah mencoba meniru gaya sepak bolanya – dan meniru adalah bentuk sanjungan terbesar,” kata Dein.

Sumber: Four Four Two

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer