Sukses


Mengenal Arne Slot Si Calon Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool: Punya Karakter Mirip Pep Guardiola, Melatih Seperti Mikel Arteta

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2023/2024 sebentar lagi akan berakhir, dan bursa transfer pelatih mulai ramai. Teranyar, muncul nama Arne Slot yang disebut-sebut bakal menangani Liverpool sebagai penerus Jurgen Klopp.

Masih di Liga Inggris, manajer-manajer seperti David Moyes, Erik ten Hag, dan Mauricio Pochettino juga terancam pemecatan. Akibatnya, banyak isu liar mengenai bursa transfer pelatih.

Jurgen Klopp, di sisi lain, sudah pasti meninggalkan Liverpool. Keputusannya telah dibuat awal tahun ini, sehingga akhir musim ia bakal menyudahi kebersamaannya dengan The Reds.

Awalnya, Liverpool dikait-kaitkan dengan Xabi Alonso. Akan tetapi, mantan gelandang Real Madrid itu memutuskan untuk bertahan di Bayer Leverkusen.

Terbaru, muncul nama Arne Slot. Pelatih berkepala pelontos itu digadang-gadang sebagai sosok top di benua Eropa, dan namanya melejit sejak menangani AZ Alkmaar dan PSV Eindhoven.

Lantas, siapakah Arne Slot? Apakah ia layak menggantikan Jurgen Klopp di Liverpool? Mampukah ia bersaing dengan nama-nama beken seperti Mikel Arteta dan Pep Guardiola?

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kombinasi Pep dan Arteta

Arne Slot adalah murid 'Pep Guardiola' yang memiliki kemiripan kuat dengan Mikel Arteta dan Roberto De Zerbi dalam cara dia melatih dan gaya bermain intens yang dia tuntut.

Gairahnya sangat terasa di sisi lapangan. Sebagian pihak menilai ia berapi-api seperti Diego Simeone dan ingin anak asuhnya bermain seperti Pep Guardiola.

Kalem di luar lapangan, Slot terkenal sebagai pelatih yang tidak cepat puas. Ketika berhadapan dengan Ajax misalnya, ia melarang anak asuhnya untuk berpesta setelah meraih kemenangan.

"Alasan kenapa kalian bisa di sini sekarang adalah karena kalian selalu bekerja keras. Itu juga yang membuat kita bisa menang di sini, di stadion mereka, tanpa kehadiran fans kita," kata Arne.

"Ini cuma sebuah kemenangan, tidak lebih. Ya kemenangan besar, tetapi cuma sebuah kemenangan. Tujuan kita lebih dari sekadar meraih kemenangan sekalipun kita berhasil mengalahkan Ajax setelah 17 tahun di sini."

"Tujuan kita lebih dari itu. Sekarang, jaga kondisi fisik kalian, masih ada musim yang mesti kita tuntaskan dengan akhir yang lebih spesial lagi. Saya tidak mau kalian berfoto setelah meraih kemenangan, ini cuma kemenangan biasa di Amsterdam."

 

3 dari 6 halaman

Permainan Menyerang 1-2 Sentuhan

Feyenoord memainkan beberapa sepak bola paling menarik, menghibur, berenergi tinggi, dan menyerang di Benua Eropa saat ini. Maka tidak mengherankan jika Liverpool tertarik untuk mempekerjakannya sebagai penerus Jurgen Klopp.

Apalagi Slot adalah teman asisten Klopp, Pep Lijnders, yang juga akan meninggalkan Anfield. Mantan gelandang berusia 45 tahun ini terkenal dengan metode kepelatihannya yang tepat dan perhatiannya terhadap detail.

Dia sering menegaskan bahwa pemain hanya dapat melakukan satu sentuhan, bahwa mereka tidak dapat mengembalikan penguasaan bola kepada pemain. siapa yang mengoper kepada mereka dan, yang terpenting, bola selalu berada di bawah lutut. Pemain bahkan didorong untuk mempertimbangkan kaki mana yang mereka gunakan.

Secara praktis, Slot mengedepankan pada kolektivitas tim dengan permainan 1-2 sentuhan dari belakang sampai sepertiga lapangan.

 

4 dari 6 halaman

Formasi dan Filosofi

Arne Slot mendapatkan reputasi di Belanda karena tim menyerangnya yang berintensitas tinggi, yang biasanya ia bentuk dalam formasi 4-2-3-1. Meskipun ini adalah sedikit variasi dari apa yang telah dilakukan Klopp selama delapan musim di Liverpool, penggunaan lini tengah kotak dengan gelandang bertahan telah digunakan oleh pemain Jerman itu hampir sepanjang musim ini.

Dengan Trent Alexander-Arnold yang sering masuk ke lini tengah sebagai gelandang, ia telah berevolusi menjadi gelandang tambahan dari posisi regulernya sebagai bek kanan. Biasanya, ini berarti wakil kapten klub menempatkan Wataru Endo atau Alexis Mac Allister sebagai pemain nomor 6 untuk memberinya kebebasan mempengaruhi serangan.

Adapun filosofi umumnya, tim Slot sering kali merasa nyaman mendominasi penguasaan bola, sambil bermain di depan dalam hal serangan. Singkatnya, Slot mengedepankan intensitas. Statistik juga mendukung hal ini, dengan juara Belanda saat ini sangat mirip dalam hal pendekatan dan mentalitas dengan apa yang diharapkan dari Liverpool.

Faktanya, sejak Slot mengambil alih Feyenoord, tekanannya menjadi yang paling sukses dibandingkan tim mana pun di tujuh liga teratas benua itu, dengan klub Rotterdam hanya mengungguli Liverpool dalam hal ini dengan 722 intersepsi berbanding 706. Terlebih lagi, Feyenoord memimpin dalam hal poin yang diperoleh dari posisi kalah dengan 62, sejajar dengan The Reds.

"Kami adalah tim yang berpikiran menyerang yang suka menguasai banyak bola, dan kami bermain dengan banyak intensitas. Ketika kami tidak menguasai bola, kami ingin untuk memenangkannya kembali secepat mungkin dengan menjadi agresif dan menekan untuk memenangkan kembali penguasaan bola."

 

5 dari 6 halaman

Kepribadian

Mengenai kepribadian Slot, ada lebih banyak kesamaan dengan Jurgen Klopp, ia dikenal karena pandangannya yang ceria dan lucu. Menurut profil Sky Sports sebelumnya, dia dikenal sebagai orang yang "menarik, sopan, sangat murah senyum", selain itu dia juga membanggakan "kehadiran dan karisma", sekaligus "lucu".

Namun, dia juga tampaknya memiliki kemampuan untuk menarik pasukannya jika mereka membutuhkan pengingat akan standar yang diharapkan. Dennis van Eersel, dari saluran TV nasional Belanda RTV, sebelumnya mengatakan tentang Slot, "Dia bisa marah kepada para pemainnya, tentu saja, tapi dia juga merangkul mereka. Mereka menyukainya karena dia membangun keharmonisan di klub."

Berbicara kepada Sky Sports, pria asal Belanda itu mengaku mempunyai ambisi untuk melatih di Inggris suatu saat nanti. Yang menarik, ia menegaskan, "Langkah saya selanjutnya bukanlah klub di Belanda. Jika itu adalah langkah saya selanjutnya, maka saya telah gagal total. Langkah normal berikutnya adalah pergi ke luar negeri dan saya selalu mengatakan liga terbaik di dunia adalah Liga Inggris."

6 dari 6 halaman

Posisi Liverpool di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer