Sukses


Liga Inggris: Menantikan Debut Bersejarah Elkan Baggott bersama Ipswich Town di Panggung Premier League

Bola.com, Jakarta - Ipswich Town kembali ke Liga Inggris kasta tertinggi atau Premier League untuk pertama kalinya sejak 2002 dengan meraih kemenangan atas Huddersfield, Sabtu (4/5/2024). Elkan Baggott pun berpeluang untuk menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang merumput di Premier League.

Pemain Timnas Wales, Wes Burns, memberi Ipswich Town keunggulan pada babak pertama. Mereka menggandakan keunggulan melalui Omari Hutchinson di awal babak kedua dengan tembakan terukur dari tepi kotak penalti.

Ipswich Town menyelesaikan musim dengan 96 poin, hanya satu poin lebih sedikit dari juara bertahan Leicester, dan menjadi tim pertama sejak Southampton pada 2011/2012 yang naik dari kasta ketiga ke kasta pertama dalam musim berturut-turut.

Adapun satu tiket promosi Premier League masih akan ditentukan oleh Leeds United, Southampton, West Bromwich Albion, dan Norwich City melalui play-off.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Elkan Baggott di Ambang Sejarah

Dinukil dari laman resmi Ipswich Town, Elkan Baggott masih memiliki kontrak hingga Juni 2025. Hingga berita ini turun, belum ada tanda-tanda bek berusia 21 tahun itu akan mendapatkan pembaruan kontrak.

Melihat jalur karier Baggott, manajer Ipswich Town belum memercayakan sepenuhnya kepada bek jangkung tersebut untuk mengisi slot Utama tim. Ia hanya beberapa kali saja bermain di Carabao Cup.

Pada pertengahan musim 2023/2024, Baggott dipinjamkan ke Bristol Rovers. Kini ia sudah kembali ke Ipswich Town dan ada kemungkinan diizinkan membela Timnas Indonesia U-23 pada play-off Olimpiade 2024 Paris.

Andai Elkan Baggott dipertahankan dan bisa merayu manajer Kieran McKenna lewat penampilannya, bukan tidak mungkin ia menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang turun bermain untuk kali pertama di Premier League.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Ada Justin Hubner

Adapun Justin Hubner telah lebih dulu mencetak sejarah saat ia masuk di susunan line-up pertandingan Wolverhampton Wanderers. Sayang, ia tidak dimainkan, namun tetap mencatatkan namanya sebagai pesepak bola Indonesia pertama yang berada dalam susunan pemain.

Saat ini Hubner dipinjamkan ke klub Jepang, Cerezo Osaka. Musim depan, Hubner yang merupakan kapten Wolves U-21 juga sama-sama memiliki kans merumput di Premier League.

Hubner sebenarnya lebih berpotensi bermain untuk Wolves ketimbang Baggott untuk Ipswich Town musim depan. Namun semua masih bisa terjadi jika manajer masing-masing tim memercayakan dua bek muda Timnas Indonesia tersebut.

Video Populer

Foto Populer