Sukses


Balapan Sampai Tikungan Terakhir di Liga Inggris: Man City Tebar Teror, Arsenal Masih Jagain Trofi Orang Kayak Musim Lalu?

Bola.com, Jakarta - Persaingan jalur juara Liga Inggris 2023/2024 semakin seru mendekati pekan-pekan terakhir. Jika Liga Italia, Liga Spanyol, atau Liga Jerman sudah diketahui juaranya, tidak berlaku bagi kompetisi kasta tertinggi Inggris yang masih berjalan ketat.

Arsenal dan Manchester City masih berjibaku dengan sengit untuk mengangkat trofi juara Liga Inggris musim ini. Liverpool yang kehabisan bahan bakar sudah kehilangan peluang.

The Gunners (julukan Arsenal) untuk sementara memimpin klasemen dengan nilai 83 dari 36 laga. Disusul Man City yang mengumpulkan nilai 82 dari 35 pertandingan.

Persoalannya adalah Arsenal hanya punya dua laga tersisa, sedangkan Man City masih memilki tiga pertandingan, karena ada satu laga tunda pekan 34 yang akan digelar pertengahan bulan Mei ini.

Tim mana yang bakal finish sebagai juaranya? Simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Man City Bisa Menyalip

Juara bertahan Man City seolah tidak mau membiarkan Arsenal berlari sendirian mengejar trofi juara Liga Inggris musim ini. Kemenangan telak 5-1 atas Wolves Sabtu malam menjadi bukti betapa ganasnya pasukan Pep Guardiola.

Erling Haaland mengamuk dengan emmborong empat gol dalam satu laga, juga menghadirkan ancaman serius bagi calon-calon lawan tersisa. Secara matematika memang bisa menyalip Arsenal.

Tiga laga tersisa mereka adalah dua kali lawatan ke markas Fulham dan Tottenham Hotspur, kemudian diakhiri dengan laga pamungkas menjamu West Ham. Jika Kevin De Bruyne menyapu bersih tiga laga sisa dengan kemenangan, maka mengumpulkan nilai maksimal 91.

Nilai itu sudah cukup membuat Man City juara Liga Inggris 2023/2024. Sebab Arsenal hanya bisa finish dengan maksimal 89 poin jika menyapu laga tersisa dengan kemenangan.

Tren Phil Foden jangan ditanya, enam laga beruntun di Liga Inggris berhasil dimenangkan, atau sejak ditahan imbang Arsenal 0-0. Kegagalan di Liga Champions akan semakin membuat mereka terpacu untuk menjuarai Premier League untuk keempat kali secara berturut-turut.

3 dari 6 halaman

Butuh Keajaiban

Arsenal boleh masih memimpin klasemen dengan keunggulan satu poin di atas Man City. Tapi bayang-bayang kegagalan bisa saja kembali menghampiri mereka di sisa musim yang hanya tinggal melakoni dua pertandingan saja.

The Gunners akan bertemu tuan rumah Manchester United (MU), kemudian menjamu Everton di Emirates Stadium untuk menutup musim ini. Hanya kemenangan dalam dua laga itu yang menjadi cara pasukan Mikel Arteta untuk menghidupkan peluang juara.

Tidak cukup sampai di situ, Arsenal hanya akan finish dengan nilai 89 poin, sementara Man City bisa melebihi jumlah itu jika sama-sama menyapu bersih kemenangan. Artinya, Arsenal berharap The Citizens terpeleset di laga tersisa.

Arsenal dalam tren memukau dengan mencatat 4 laga beruntun Liga Inggris dengan kemenangan.

4 dari 6 halaman

Bayang-Bayang Musim Lalu

Kegagalan musim lalu membayangi. Bagaimana tidak? Musim lalu Arsenal sempat unggul delapan poin di atas Manchester City dalam 28 laga. Tapi Gudang Peluru kehabisan bensin, hanya meraih tiga poin saja dalam tiga pertandingan beruntun. Puncaknya adalah Arsenal tak berdaya di markas Man City pada laga penentu perebutan gelar di pekan ke-33.

The Gunners dibantai 1-4 oleh Erling Haaland dkk. sekaligus membuat Man City berhasil memangkas jarak hanya menjadi dua poin. Mimpi buruk Arsenal benar-benar datang pada Minggu (30/4/2023) malam WIB, saat Man City menyelesaikan pertandingan ke-34 dengan menang di markas Fulham, dan berhasil menggeser peringkat Arsenal.

Pada akhirnya Man City finish sebagai juara Liga Inggris musim lalu dengan keunggulan lima poin di atas Arsenal.

5 dari 6 halaman

Laga Tersisa Arsenal dan Man City

Arsenal

  • Pekan ke-37: MU Vs Arsenal - 12 Mei 2024
  • Pekan ke-38: Arsenal Vs Everton - 19 Mei 2024

Man City

  • Pekan ke-37: Fulham Vs Man City - 11 Mei 2024
  • Pekan Tunda ke-34: Tottenham Vs Man City - 15 Mei 2024
  • Pekan ke-38: Man City Vs West Ham - 19 Mei 2024
6 dari 6 halaman

Intip Persaingan di Musim Ini

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer