Sukses


Liga Inggris: Jadi Suksesor Jurgen Klopp, Arne Slot Punya 4 PR yang Harus Dibenahi di Liverpool

Bola.com, Jakarta - Arne Slot diplot sebagai suksesor Jurgen Klopp di Liverpool. Manajer asal Belanda itu pun memiliki empat pekerjaan rumah (PR) yang harus dibenahi di The Reds.

Arne Slot secara mengejutkan muncul untuk menggantikan posisi Jurgen Klopp sebagai manajer Liverpool. Pelatih berusia 45 tahun tersebut akhirnya dikonfirmasi sebagai manajer Skuad Si Merah pada Senin pukul pukul 17.00 waktu setempat.

Sialnya, ia bergabung dengan sebuah klub yang tidak ingin kehilangan orang yang sangat dicintai dan dihormati seperti Klopp. Tanpa diragukan lagi, Arne Slot mengemban tugas yang menakutkan.

Melansir dari Liverpool Echo, berikut beberapa tugas berat yang akan diemban Arne Slot sebagai manajer anyar Liverpool.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Perpanjang Kontrak Para Pemain Penting

Situasi kontrak tiga pemain kunci, Mohamed Salah, Virgil van Dijk, dan Trent-Alexander Arnold, memerlukan perhatian segera. Itulah yang seharusnya menjadi fokus Arne Slots dan para petinggi Liverpool pada 1 Juni tahun ini.

Berbicara pada pekan lalu, kapten The Reds, Van Dijk, mengkonfirmasi belum ada tawaran yang diajukan. Menurutnya, saat ini masih belum ada yang bisa disampaikan terkait masa depannya.

Van Dijk telah mengisyaratkan ingin tetap berada di Merseyside dan mengemban tanggung jawab sebagai kapten. Namun, belum adanya kesepakatan untuk ditandatangani membuat kebuntuan terus berlanjut.

Demikian juga dengan Alexander-Arnold, air matanya berlinang selama upacara akhir musim ini. Namun, kesedihan tersebut karena kepergian Jurgen Klopp, bukan karena musim terakhir di klub tersebut.

Meskipun begitu, Real Madrid terus dikaitkan dengan pemain berusia 25 tahun itu dan dengan kontrak yang tersisa 12 bulan, Liverpool akan segera membuka pembicaraan.

Sementara itu, Mohamed Salah mengonfirmasi niatnya untuk bertahan setidaknya satu tahun lagi. Dugaan tersebut muncul setelah Salah mengunggah di media sosial pada Senin (20/5/2024).

"Kami tahu trofi yang penting dan kami akan melakukan segala kemungkinan untuk membuat itu terjadi musim depan. Para penggemar kami pantas mendapatkannya, dan kami akan berjuang sepenuh tenaga," kata Mohamed Salah di media sosialnya.

 

3 dari 6 halaman

Dongkrak Performa Darwin Nunez

Liverpool mempertaruhkan segala-galanya kepada Darwin Nunez ketika menebusnya dari Benfica dengan banderol 64 juta poundsterling, atau setara Rp 1,3 triliun pada musim panas 2022.

Sebagai hasilnya, Liverpool tetap percaya Nunez masih memiliki semua faktor untuk berkembang menjadi salah satu penyerang paling menakutkan di Eropa. Penyelesaian matang seperti gol melawan Newcastle United, Brentford, dan Sparta Praha musim lalu membantu memperkuat posisi tersebut.

Namun, dua tahun dalam kariernya di Liverpool, Nunez masih sering melakukan sentuhan melenceng dan penyelesaian yang gegabah pada momen penting. Torehan 18 gol dan 13 assist menggambarkan dia adalah sosok penting di lini depan.

Tetapi satu gol dalam dua bulan terakhir musim ini adalah bukti bahwa akhir musim cukup sulit bagi Nunez. Seberapa produktif penyerang Uruguay itu di bawah bimbingan Arne Slot, hal tersebut bakal menjadi kunci kesuksesan yang bisa dinikmati The Reds di bawah pelatih baru.

 

4 dari 6 halaman

Pemulihan Lini Tengah

Musim panas 2023 ditandai pembangunan kembali lini tengah Liverpool dengan perombakan gelandang yang datang dan pergi selama musim transfer.

Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, James Milner, dan Fabinho semua pergi. Sementara itu, masuklah Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, dan Ryan Gravenberch untuk mengimbangi kepergian sejumlah gelandang.

Perombakan itu menghabiskan sekitar 150 juta poundsterling atau setara Rp3 triliun bagi Liverpool. Namun, mereka menghasilkan lebih dari sepertiga dari jumlah tersebut melalui penjualan Fabinho dan Henderson, yang pindah ke Al-Ittihad dan Al-Ettifaq dengan total 52 juta atau Rp1 triliun.

Kepindahan Thiago Alcantara membuka ruang di skuad dan meringankan beban tagihan gaji secara signifikan. Perjalanan Thiago musim ini hanya berlangsung lima menit dalam kekalahan 1-3 dari Arsenal di bulan Februari.

Kesempatan untuk menginvestasikan gaji Thiago ke dalam skuad menciptakan banyak ruang gerak bagi klub untuk menambahkan gelandang kelas atas lainnya ke dalam barisan.

 

5 dari 6 halaman

Cari Pengganti Joel Matip

Meskipun kemunculan Jarell Quansah di posisi bek tengah telah mengimbangi absennya Joel Matip, The Reds tetap kekurangan di departemen pertahanan. Apalagi, Matip kini dikonfirmasi tidak diberikan kontrak baru setelah operasi ligamen lutut tengahnya.

Bersama Van Dijk, Ibrahima Konate, dan Joe Gomez, Quansah membentuk lini pertahanan empat orang. Namun, kepergian Matip membuka ruang di daftar skuad untuk penambahan yang lebih muda dan tahan banting untuk memberikan lebih banyak persaingan musim depan.

Gomez telah menjelma pemain serba bisa setelah bermain di seluruh lini belakang musim lalu, serta beberapa pertandingan sebagai gelandang bertahan. Meskipun pemain Timnas Inggris itu mengeklaim dirinya bek tengah tulen, kepergian Matip di mungkin membuat Slot lebih cermat di bursa transfer.

Sumber: Liverpool Echo

Penulis: Rayhan Nur Hakim

6 dari 6 halaman

Simak Posisi Akhir Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer