Sukses


Head-to-Head MU Vs Man City di Piala FA: Si Merah Masih Unggul Tipis

Bola.com, Jakarta - Derbi Manchester yang ke-193 menjadi pusat perhatian di Stadion Wembley, di mana Manchester City berhadapan dengan rival Manchester United (MU) pada final Piala FA, Sabtu (25/5/2024) malam WIB.

Pasukan Pep Guardiola dinobatkan sebagai juara Liga Inggris untuk musim keempat berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah mengalahkan West Ham United 3-1 di Stadion Etihad pada hari terakhir kampanye 2023/2024 Minggu lalu.

Man City secara mengejutkan finis dengan 31 poin di depan MU asuhan Erik ten Hag, yang merupakan posisi terendah dalam sejarah Premier League (tempat kedelapan) meski mengalahkan Brighton & Hove Albion 2-0 di laga tandang di pertandingan hari terakhir mereka.

Piala FA mewakili peluang terakhir Setan Merah untuk meraih trofi dan satu-satunya jalan tersisa mereka untuk mengamankan sepak bola Eropa untuk musim depan, namun untuk menjadi yang teratas di final, mereka harus mengalahkan tim Citizens yang tak kenal lelah yang berusaha meraih gelar ganda domestik untuk tahun kedua berturut-turut.

Ada banyak Derbi Manchester yang berkesan selama bertahun-tahun, dan di sini, Bola.com melihat lebih dekat rekor head-to-head dan pertemuan sebelumnya antara kedua klub di Piala FA.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

MU Dominan

Man City dan MU telah bermain satu sama lain sebanyak 10 kali di Piala FA, dengan Setan Merah melampaui rekor head-to-head setelah membukukan enam kemenangan berbanding empat kemenangan bagi The Citizens.

Pertemuan pertama antara dua rival lokal di kompetisi piala tertua di Inggris ini terjadi pada tahun 1891 ketika Man City, sebelumnya dikenal sebagai Ardwick, menderita kekalahan kandang 1-5 dari MU pada babak kualifikasi pertama.

Kedua klub memenangkan Piala FA pertama mereka, Man City pada tahun 1904 dan MU pada tahun 1908, sebelum bertemu lagi di semifinal tahun 1926, dengan The Citizens mengamankan kemenangan nyaman 3-0 sebelum kalah pada final dari Bolton Wanderers.

Man City juga mengalahkan MU dengan skor 2-0 pada tahun 1955 dalam perjalanan untuk kalah di final melawan Newcastle United, sebelum Setan Merah menjadi pemenang dalam tiga pertemuan derby Manchester Piala FA berikutnya selama periode 26 tahun antara tahun 1970-an. dan akhir 1990-an, ketika mereka mengangkat trofi sebanyak enam kali.

Sejak pergantian milenium, derby Manchester telah berlangsung empat kali di Piala FA, termasuk thriller enam gol pada tahun 2004 ketika MU menang 4-2 di Old Trafford pada putaran kelima sebelum melaju jauh dan mengalahkan Millwall di final di Stadion Millennium.

 

3 dari 4 halaman

Dominasi Man City Dimulai

Dominasi Man City di kompetisi domestik dimulai saat mereka menjuarai Piala FA 2011, mengakhiri penantian 35 tahun mereka untuk meraih gelar. Yaya Toure menjadi pahlawan di semifinal dan final saat ia mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 atas MU sebelum kembali mencetak gol penentu dalam pertandingan melawan Stoke City.

Di musim kedua terakhir Sir Alex Ferguson sebagai manajer, MU membalas dendam hanya sembilan bulan kemudian ketika mereka menyingkirkan juara bertahan dengan kemenangan 3-2 di Stadion Etihad. Wayne Rooney mencetak gol di kedua sisi serangan Danny Welbeck untuk membawa Setan Merah unggul tiga gol sebelum jeda. City membalas dengan gol di babak kedua dari Aleksandar Kolarov dan Sergio Aguero, namun tim tamu bertahan untuk lolos dari babak ketiga.

Untuk pertama kalinya dalam 153 tahun sejarah Piala FA, Man City dan MU saling berhadapan di final kompetisi musim lalu, dengan The Citizens menang 2-1 berkat dua gol dari kapten Ilkay Gundogan. Pasukan Guardiola kemudian memenangkan treble bersejarah dan mereka akan memasuki pertandingan hari Sabtu dengan berusaha menjadi tim pertama yang memenangkan gelar liga dan Piala FA ganda dalam dua musim berturut-turut.

4 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

  • 3 Jun 2023: Man City 2-1 Man United (Final Piala FA)
  • 8 Jan 2012: Man City 2-3 Man Utd (Putaran Ketiga Piala FA)
  • 16 Apr 2011: Man City 1-0 Man Utd (Piala FA Semifinal)
  • 14 Feb 2004: Man United 4-2 Man City (Putaran Kelima Piala FA)
  • 18 Feb 1996: Man United 2-1 Man City (Putaran Kelima Piala FA)
  • 10 Jan 1987: Man United 1-0 Man City (Putaran Ketiga Piala FA)
  • 24 Jan 1970: Man United 3-0 Man City (Putaran Keempat Piala FA)
  • 29 Jan 1955: Man City 2-0 Man United (Putaran Keempat Piala FA)
  • 27 Mar 1926: Man City 3-0 Man United (Semifinal Piala FA)
  • 3 Okt 1891: Ardwick (Man City) 1-5 Man United (Babak Kualifikasi Pertama Piala FA)

Pertandingan: 10

kemenangan Manchester City: 4

Seri: 0

kemenangan Manchester United: 6

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer