Sukses


MotoGP Jepang 2015 dalam Angka

Bola.com, Motegi - Lanjutan balapan Moto GP akan kembali digelar di Sirkuit Motegi, Jepang, Jumat-Minggu (9-11/10/2015). Para pebalap kelas dunia siap bertarung memberikan hasil yang terbaik.

Dengan empat seri tersisa, bisa dipastikan hasil yang didapat para rider di sirkuit sepanjang 4,8 km ini bakal memengaruhi klasemen akhir nanti.

Valentino Rossi sejauh ini masih memimpin perburuan gelar juara dunia dengan berada di puncak klasemen sementara, terpaut 14 poin dari rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo.

Selain keduanya, masih ada nama-nama rider lainnya seperti Marc Marquez (Honda), Andrea Dovizioso (Honda), dan Dani Pedrosa (Honda) yang bakal menambah seru persaingan di MotoGP Jepang nanti.

Berikut sejumlah statistik untuk MotoGP Jepang, seperti dimuat dalam situs resmi MotoGP.

100 - Hector Barbera bakal mencatatkan start ke-100nya saat melakoni balapan di MotoGP Jepang.

100 - Balapan Moto2 di Aragon adalah penyelenggaraan ke-100, sejak kali pertama diperkenalkan pada musim 2010 untuk menggantikan kelas 250cc. Dominique Aegerter menjadi satu-satunya pebalap yang start di semua balapan Moto2. Tetapi, kecelakaan di Aragon memaksa dia absen di Motegi.

84 - Tim Honda memimpin klasemen Moto3 dengan 84 poin. Pabrikan asal Jepang itu akan merebut juara di kelas ringan sejak 2001, jika ada pebalap Honda yang berhasil naik podium.

62 - Yamaha memimpin puncak klasemen konstruktor tim MotoGP dengan keunggulan 62 poin dan akan merebut juara di Motegi, jika ada pebalap Yamaha finis dengan selisih 13 poin atas Honda. Ini adalah pertama kalinya sejak 2010.

50 - Pada balapan di Aragon lalu merupakan start ke-50 Marquez di kelas MotoGP. Sejak melakoni debut pada 2013, rider Repsol Honda itu telah mengoleksi 23 kemenangan dan 37 podium. Catatan ini menarik bila disandingkan dengan pencapaian Valentino Rossi di kelas premier. Dari 50 start, The Doctor mengoleksi 25 kemenangan dan 40 podium.

28 - Keberhasilan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa di GP Aragon lalu menempatkan mereka dalam daftar teratas pembalap yang sudah mengoleksi kemenangan dalam 28 kali balapan di kelas utama. Lorenzo mengantongi 15 kemenangan dan sisanya 13 kemenangan lain diraih Pedrosa.

16 - Keberhasilan Jorge Navarro merebut podium kedua Moto3 di Aragon menjadi yang pertama dalam debutnya. Navarro menjadi pebalap ke-16 berbeda yang naik podium di kelas Moto3 pada musim ini, jumlah tertinggi di kelas ringan sejak 1979, yaitu 17.

10 - Kemenangan Jorge Lorenzo di Aragon lalu menjadi yang ke-10 bagi Yamaha pada musim 2015 ini. Yamaha kini hanya membutuhkan satu kali kemenangan dari empat seri tersisa untuk menyamai rekor kemenangan dalam satu musim pada 2005 dan 2010.

3- Setelah kecelakaan Danilo Petrucci di Aragon lalu, tercatat hanya ada tiga pebalap di kelas MotoGP, yang telah mencetak poin di setiap balapan pada 2015, yakni Valentino Rossi, Andrea Iannone, dan Bradley Smith.

2 - Selain Phillip Island, Motegi adalah adalah sirkuit di mana Marquez belum pernah meraih kemenangan di balapan MotoGP.

Baca Juga:

Rossi: Tiga Balapan di Luar Eropa Bikin Stres

Pedrosa Berpeluang Samai Rekor Pebalap Legendaris Spanyol

Ternyata Lorenzo Sudah Lewati Rekor Stoner

Video Populer

Foto Populer