Sukses


Ini Kata Legenda 500cc Soal Insiden Rossi-Marquez di Sepang

Bola.com, Sepang - Kontroversi balapan MotoGP Malaysia 2015 yang melibatkan dua juara dunia, Valentino Rossi dan Marc Marquez, terus menjadi buah bibir banyak kalangan. Tak terkecuali bagi legenda balap motor 500cc, Randy Mamola.

Tak ingin berpihak kepada salah satu pebalap, Mamola memilih menggunakan data catatan waktu tiap lap yang dibukukan Rossi dan Marquez, seperti di bawah ini.

Grafis Lap Time MotoGP Malaysia 2015 (Crash)

"Saya akan melakukan hal yang seharusnya Anda lakukan, yakni menggunakan data catatan waktu dari setiap lap," tutur Mamola, dilansir Crash, Senin (26/10/2015).

Apa yang dilakukan Mamola mungkin menjadi sikap cerdas sebelum mengeluarkan argumentasi. Karena, berdasarkan data valid tersebut, Mamola menilai tak ada satupun dari Rossi atau Marquez yang merasa puas dengan hasil balapan MotoGP Malaysia 2015.

Rossi, meski finis ketiga dan tetap memuncaki klasemen pebalap, mendapat hukuman berat di seri balap pamungkas, MotoGP Valencia 2015, yang berlangsung di Spanyol, 8 November. Di sana, The Doctor harus memulai balapan dari posisi paling belakang lantaran sudah mengantongi 4 poin penalti. 1 poin penalti dari sesi kualifikasi MotoGP San Marino 2015, 3 poin penalti dari balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015) kemarin.

Sementara itu, Marquez, kembali gagal melintasi garis finis. Status did not finish (DNF) Baby Alien di musim 2015 kini tercatat sebanyak 5 kali. Sebelumnya, Marquez juga urung menuntaskan balapan di MotoGP Argentina (19 April 2015), MotoGP Catalunya (14 Juni 2015), MotoGP Inggris (30 Agustus 2015), dan MotoGP Aragon (27 September 2015).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

2

"Meskipun kedua pebalap saling menyalip, catatan waktu mereka 2 menit 19 detik, yang berarti cukup cepat di balapan ini. Apakah Rossi bisa mendekat Lorenzo tanpa gangguan Marquez? Tidak ada yang tahu," kata Mamola.

"Apakah Marquez berupaya melambatkan motornya di beberapa tikungan? Saya pikir tidak. Ada seksi-seksi lintasan di mana Rossi jelas lebih cepat, dan ada juga seksi-seksi lintasan di mana dia tidak bisa menjauh dari Marquez," sambung pria berkebangsaan Amerika Serikat itu.

Statistik mencatat, Rossi dan Marquez saling menyalip sebanyak sembilan kali di lap ke-5 alias lap kedua sejak mereka saling melemparkan serangan di atas lintasan. Meski terhitung banyak, bagi Mamola hal ini tidak bisa membuktikan bahwa duel balapan antara Rossi dan Marquez di Sepang tidak wajar.

"Apakah Marquez harus minggir dan membiarkan Rossi melewatinya? Saya pikir ada banyak awan menggantung di pikiran kedua pebalap ini. Itu yang saya yakini," ujar Mamola.

"Pada akhirnya, tidak ada satu pun dari Rossi atau Marquez yang merasa puas dengan hasil balapan MotoGP Malaysia. Karena apa yang kami lihat di MotoGP Australia merupakan satu hal indah," tutupnya.

3 dari 3 halaman

3

Berikut timeline balapan MotoGP Malaysia: Rossi vs Marquez

Urutan Grid: Dani Pedrosa - Marc Marquez - Valentino Rossi - Jorge Lorenzo

Lap 1: Pedrosa, Marquez, dan Rossi mempertahankan posisi mereka, sedangkan Lorenzo memperbaiki tempatnya setelah sempat turun dua setrip di awal balapan.

Lap 2: Lorenzo melewati Rossi di Tikungan 1
Catatan waktu
Lorenzo: 2 menit 0,606 detik
Pedrosa: 2 menit 0,795 detik
Marquez: 2 menit 0,818 detik
Rossi: 2 menit 1,268 detik

Lap 3: Marquez membuat kesalahan saat mengerem. Hal ini membuat motornya melebar saat keluar dari Tikungan 4, dan memastikan Lorenzo melewatinya. Marquez dan Rossi kini berada di posisi ketiga dan keempat.
Catatan waktu
Pedrosa: 2 menit 0,822 detik
Lorenzo: 2 menit 0,894 detik
Rossi: 2 menit 1,361 detik
Marquez: 2 menit 2,003 detik

Lap 4: Rossi menyalip Marquez untuk kali pertama, di Tikungan 4.
Catatan waktu
Lorenzo: 2 menit 0,923 detik
Pedrosa: 2 menit 0,972 detik
Rossi: 2 menit 1,361 detik
Marquez: 2 menit 2,003 detik

Lap 5: Marquez menyalip Rossi di Tikungan 1 dan Tikungan 4. Sekali lagi Rossi mencoba membalas, tapi dia sedikit melebar sehingga Marquez bisa menekan pergerakan Rossi saat keluar dari Tikungan 5. Rossi kembali melewati Marquez di Tikungan 9, tapi Marquez langsung membalas. Di Tikungan 11, Rossi kembali menyalip Marquez. Namun, dia sempat nyaris terjatuh, lantaran sisi luar kakinya tidak menempati injakan kaki dengan sempurna. Momen ini dimanfaatkan Marquez untuk kembali melewatinya.
Catatan waktu
Lorenzo: 2 menit 1,174 detik
Pedrosa: 2 menit 1,247 detik
Marquez: 2 menit 2,107 detik
Rossi: 2 menit 2,363 detik

Lap 6: Upaya Rossi menyalip Marquez di sisi dalam Tikungan 7 memaksa Marquez sedikit mengangkat bodi motornya. Rossi lantas membalas aksi Marquez ini dengan menatap dan menunjukkan gestur tidak suka kepada Marquez di akhir Tikungan 8. Tepat di Tikungan 14, Marquez kembali menyalip Rossi.
Catatan waktu
Lorenzo: 2 menit 1,335 detik
Pedrosa: 2 menit 1,408 detik
Marquez: 2 menit 1,938 detik
Rossi: 2 menit 1,937 detik

Lap 7: Rossi kembali berupaya menyalip Marquez di Tikungan 10, dia menjaga posisi ini di Tikungan 11 dan 12. Pada Tikungan 13, Marquez melewati Rossi dari sisi luar. Manuver nekat Marquez ini lantas direspon Rossi dengan kembali memberi tatapan tidak suka. Saat memasuki Tikungan 14, kedua pebalap terlihat saling menempel. Hasilnya, Marquez mengalami crash, sedangkan Rossi melaju mulus sampai garis finis.

Video Populer

Foto Populer