Sukses


Insiden Tendang Marquez Coreng Rekor Baru Rossi di MotoGP

Bola.com, Sepang - Rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi memecahkan rekor baru MotoGP, usai melakoni race pada seri MotoGP Malaysia di sirkuit Sepang, Minggu (26/10/2015). The Doctor dinobatkan sebagai pebalap terlama yang beraksi di ajang Grand Prix dengan 329 kali start, mengalahkan rekor pebalap legendaris, Loris Capirossi (328 start).

Sayangnya, prestasi besar ini justru tercoreng dengan aksi tak terpuji yang dilakukan pebalap berusia 36 tahun itu di atas trek. Hampir seluruh media beramai-ramai memberitakan insiden tendangan yang dilakukannya kepada Marc Marquez di lap ketujuh Sirkuit Sepang.

Rossi tertangkap kamera dengan sengaja menendang motor yang ditunggangi Marquez pada tikungan 14 di lap ketujuh. Akibatnya, Marquez terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan. The Doctor terkena hukuman penalti tiga poin dan harus menerima kenyataan kalau dirinya akan mengawali race terakhir di Valencia dari posisi paling buncit.

Namun terlepas dari insiden mengejutkan itu, fakta bahwa Rossi adalah pebalap paling berpengalaman dalam 67 tahun sejarah MotoGP tak bisa terelakkan. Ia adalah juara dunia sebanyak sembilan kali dari tiga kelas yang berbeda.

Berikut adalah fakta-fakta soal rekor terbaru Valentino Rossi.

1. Rossi sudah turut ambil bagian dalam 328 seri dari total 866 seri yang sudah dipentaskan sejak kejuaraan dunia MotoGP digelar pada 1949. Ini berarti Rossi sudah berpartisipasi dalam 37,9 persen dari semua event grand prix.

2. Selama kariernya, Rossi sudah berkompetisi di 36 sirkuit grand prix berbeda.

3. Sirkuit Jerez merupakan tempat dimana Rossi paling sering tampil. Ia telah 20 kali start dari tiga kelas berbeda.

4. The Doctor tercatat telah menenangkan 112 dari 328 seri grand prix. Persentase kemenangan mencapai 34,1 persen.

5. Valentino Rossi mampu tampil di atas podium sebanyak 211 kali dari 329 balapan yang dijalaninya.

Baca Juga:

Terus Diejek, Lorenzo Tinggalkan Pesta di Podium MotoGP Malaysia

Rossi: Hukuman Saya Terlalu Berat!

Lorenzo: Rasa Hormat Saya kepada Rossi Sudah Hilang

Video Populer

Foto Populer