Sukses


Valentino Rossi Bicara soal Ban Baru di MotoGP 2016

Bola.com, Valencia - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menilai kinerja ban Michelin yang bakal dipakai untuk balapan MotoGP 2016 sudah cukup bagus. Namun, dia mengaku masih butuh waktu untuk beradaptasi.

Berdasarkan keputusan FIM, Michelin akan menjadi pemasok tunggal ban motor tim MotoGP musim depan. Brand milik Prancis ini mengambil alih tugas Bridgestone yang sudah menjadi penyuplai ban MotoGP sejak 2009.

Perubahan ini tentu membuat para pebalap kembali beradaptasi dengan performa ban. Meski begitu, menurut Rossi, karakter ban Michelin hampir sama dengan ban Bridgestone. Argumen tersebut disampaikan The Doctor seusai tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo-Cheste, Valencia, Selasa (10/11/2015).

"Ban belakang Michelin sangat mirip (dengan Bridgestone, red), dan itu cukup bagus. Ban ini memiliki cengkeraman yang bagus. Namun, ban depan memiliki perbedaan yang besar," ungkap Rossi, dilansir Crash, Rabu (11/11/2015).

"Kami harus mengerti bagaimana berat yang dibutuhkan ban ini untuk berputar secara maksimal. Kami butuh waktu. Kami harus mengerti pengaturan motor dan juga sedikit gaya membalap. Tapi perbedaan besarnya adalah bagaimana mengembangkan pengaturan," tambahnya.

Memasuki musim 2016, ajang balap motor MotoGP memang menerapkan beberapa aturan baru. Selain pergantian ban, para pebalap juga akan menjajal sistem elektronika baru. Artinya, para pebalap harus beradaptasi lagi dengan motor mereka masing-masing.

Video Populer

Foto Populer