Sukses


Honda Sediakan Dua Mesin Baru buat Marquez dan Pedrosa

Bola.com, Sepang - Pebalap Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, tampil dalam sesi tes resmi MotoGP yang digelar di sirkuit Sepang, Malaysia, 1-3 Februari. Tes ini merupakan yang pertama digelar guna menghadapi musim balap 2016.

Honda menyiapkan mesin yang sudah dites November tahun lalu di Jerez, Spanyol. Sementara satu lagi yang disiapkan adalah mesin yang sudah dimodifikasi.

“Kedua pebalap akan memakai dua tipe mesin yang berbeda. Kami akan memiliki perbandingan antara kedua mesin itu. Kami juga akan bekerja untuk pengembangan sasis, eletronik, dan ban,” ucap Direktur Teknik tim Honda, Takeo Yokoyama, seperti dilansir Crash, Senin (1/2/2016). 

Musim lalu, Marquez yang merupakan juara dunia bertahan, mengalami kesulitan untuk bersaing dengan duo penbalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Beberapa kali Marquez terjatuh dalam lomba, sehingga sulit bersaing dalam perebutan gelar juara dunia, yang akhirnya direbut Lorenzo.

Liarnya mesin motor RC213V yang kurang menyatu dengan sasis milik Honda ditengarai menjadi penyebab Marquez terjatuh saat lomba di Argentina, Italia, dan Catalunya. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu akhirnya memutuskan memakai sasis lama saat tampil di Sirkuit Assen, Belanda.

Setelah itu, penampilan Marquez membaik. Hanya saja, selisih poin dengan Lorenzo dan Rossi sudah terlanjur jauh sehingga sulit buat Marquez untuk mengejar.

Tak mau kejadian serupa terulang, Honda berusaha lebih siap. Perubahan ban dari Bridgestone ke Michelin dan regulasi baru Electronic Control Unit membuat seluruh kontestan harus bekerja keras untuk mencari setelan terbaik.

“Dua hari tes di Sepang akan dijalani pebalap penguji, serta Marquez dan Pedrosa. Setelah itu hasilnya akan jadi evaluasi buat kami. Kondisi trek jauh dari sempurna. Tapi apapun hasilnya, akan menjadi masukan yang berguna,” lanjut Takeo.

Setelah tes di Sepang, Marquez dan Pedrosa masih memiliki satu kesempatan lagi dalam tes resmi MotoGP, yaitu di Sirkuit Phillip Island (Australia) pada 17-19 Februari. Setelah itu seluruh tim dan pebalap akan bersiap menghadapi lomba pertama di Losail (Qatar) pada 20 Maret.

Video Populer

Foto Populer