Sukses


Kala Bintang MotoGP Mengunjungi Markas NASA

Bola.com, Texas - Andrea Iannone dan Dani Pedrosa mendapat pengalaman berharga menjelang MotoGP Americas di Austin, AS, pada akhir pekan ini. Kedua bintang MotoGP itu berkesempatan mengunjungi markas NASA, Johnson Space Center, di Texas, Rabu (6/4/2016).

Johnson Space Center merupakan pusat penelitian dan pelatihan penerbangan ke luar angkasa milik NASA. Tempat itu juga dikenal dengan sebutan Space City. Dalam kunjungannya, Pedrosa dan Iannone didampingi legenda MotoGP dari AS, Kevin Schwantz.

Johnson Space Center bukan hanya menjadi tempat pelatihan para astronot, tapi juga berfungsi sebagai pusat kontrol beberapa misi luar angkasa NASA seperti Gemini dan Apollo.

Iannone dan Pedrosa bisa mencicipi pengalaman astronot sebelum berangkat ke luar angkasa. Keduanya dipandu oleh astronot Andrew Feustel yang sudah dua kali ke luar angkasa dan akan menjalani perjalanan ketiga dalam waktu dekat.

Peralatan pertama yang diperkenalkan kepada Pedrosa dan Iannone adalah robot dan rover (mobil luar angkasa) yang dikembangkan dan digunakan oleh NASA. Setelah mendapat pelatihan singkat, Pedrosa dan Iannone lalu menjajal MRV, yakni prototipe rover yang akan digunakan untuk misi ke bulan dan Mars di masa depan.

MRV memang tak secepat motor MotoGP. Namun, kendaraan tersebut punya kelebihan bisa berputar 360 derajat dan berjalan menyamping.

Setelah bersenang-senang, Pedrosa, Iannone, dan Schwantz baru mengikuti pelatihan astronot. Pertama-tama ketiganya dibawa ke Crew Compartment Trainer (CCT) untuk latihan beradaptasi dengan posisi vertikal dan horizontal di luar angkasa. Sama seperti balap MotoGP, orang bertubuh kecil lebih diuntungkan saat berada di CCT yang dipenuhi aneka instrumen dan mesin yang besar.

Mereka kemudian dibawa ke bangunan replika Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Di sana, Pedrosa dan Iannone bisa melihat ruang kontrol misi Apolo yang dioperasikan pada 1965-1992. Iannone juga berbincang dengan astronot asal Italia dan eks penghuni ISS, Luca Parmitano.

Dari sana, Pedrosa dan Iannone baru memasuki ruang kontrol misi yang saat ini digunakan NASA untuk memonitor ISS. Keduanya kemudian berkomunikasi dengan tiga astronot yang saat ini berada di ISS dan kebetulan merupakan fans berat MotoGP. Pedrosa bahkan berjanji akan mengundang mereka ke paddock balapan MotoGP saat sudah kembali ke bumi.

Terakhir, Pedrosa dan Iannone melihat Neutral Buoyancy Lab, yakni kolam indoor raksasa sedalam 12 meter yang digunakan astronot untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan gravitasi di luar angkasa. Pasalnya, kondisi tanpa gravitasi di luar angkasa sama seperti saat menyelam di dalam air.

Namun, karena tak membawa perlengkapan menyelam, Dani Pedrosa dan Andrea Iannone tak bisa masuk ke dalam kolam. Meski demikian, kedua pebalap MotoGP itu terlihat sangat puas bisa mendapat pengalaman latihan seorang astronot di markas NASA.

Video Populer

Foto Populer