Sukses


Naik Podium di MotoGP Prancis, Vinales Disanjung Rossi

Bola.com, Le Mans - Maverick Vinales tampil impresif pada balapan MotoGP Prancis, Minggu (8/5/2016). Sukses naik podium, pebalap Suzuki itu mendapat pujian dari duo Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Vinales mengakhiri lomba di posisi ketiga di belakang Lorenzo dan Rossi yang finis 1-2 di Le Mans. Pebalap asal Spanyol itu memberikan podium pertama buat Suzuki dalam delapan tahun.

Suzuki terakhir kali mencicipi manisnya podium di MotoGP pada 2008. Kala itu, Loris Capirossi finis ketiga pada MotoGP Rep. Ceska di Sirkuit Brno.

Podium di Le Mans terasa semakin istimewa lantaran itulah podium pertama Vinales sejak debut di MotoGP pada 2015. Vinales seolah punya ikatan dengan Prancis. Pebalap berusia 21 tahun itu juga meraih kemenangan pertama di kejuaraan dunia balap motor grand prix di Le Mans pada 2011 saat masih di kelas 125cc.

"Kemenangan tersebut sangat spesial karena itu merupakan tahun debut saya dan tak ada seorang pun yang mengenali saya," kata Maverick Vinales mengenang seperti dilansir GPOne.

Keberhasilan Vinales naik podium tak lepas dari nasib apes yang menimpa duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, serta Marc Marquez (Repsol Honda) yang terjatuh pada pertengahan lomba. Meski demikian, pencapaian Vinales tetap mendapat apresiasi dari pebalap lain.

"Dia (Vinales) terbantu dengan insiden yang menimpa pebalap lain. Namun, dia tetap layak naik podium," kata sang pemenang, Jorge Lorenzo.

"Vinales sudah menjelma jadi pebalap hebat," ujar Valentino Rossi.

Maverick Vinales saat ini sedang dikaitkan dengan Yamaha. Dia disebut-sebut menjadi calon kuat pengganti Jorge Lorenzo yang pindah ke Ducati pada 2017 sebagai rekan baru Valentino Rossi. Kontrak Vinales di Suzuki habis pada akhir 2016. Dia mengatakan podium di MotoGP Prancis tak akan memengaruhi keputusan terkait masa depannya. 

Video Populer

Foto Populer