Sukses


Marquez Kecewa Motor Honda Kalah Cepat dari Yamaha

Bola.com, Le Mans - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, kecewa berat karena meraih hasil buruk pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5/2016). Si Bayi Alien pun mengkritik motor Honda RC213V yang akselerasinya kalah dari para rival, termasuk Yamaha.

Marquez terjatuh di tikungan lima pada lap ke-16 saat sedang berada di posisi keempat. Dia masih bisa melanjutkan lomba dan finis di posisi ke-13 alias terakhir di antara pebalap yang masuk finis.

Hanya menambah tiga poin, posisi Marquez di puncak klasemen sementara MotoGP 2016 digusur oleh Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) yang jadi juara. Pebalap asal Spanyol itu kini tertinggal lima angka dari sang juara dunia bertahan.

"Saya tiba-tiba mengalami selip. Hasil ini jelas mengecewakan karena saya hampir meraih podium. Namun, hal seperti ini pasti terjadi jika akselerasi motor Anda kalah jauh dari pebalap lain," kata Marquez seperti dilansir Crash.

Kalah akselerasi, Marc Marquez mencoba memperpendek jarak dengan rival di titik pengereman. Namun, Marquez mengakui tak mudah melakukannya selama 28 lap.

"Sangat mudah bagi saya melakukan kesalahan karena di titik pengereman tak ada kontrol. Saya cuma mengandalkan jari dan feeling," ujar Marquez.

Sejak awal, Marquez sudah memprediksi Honda bakal kesulitan. Karakteristik Sirkuit Le Mans tak cocok dengan motor RC213V karena punya dua titik akselerasi krusial. Menurut Marquez, masalah akselerasi bukan baru terjadi pada musim ini, melainkan sejak awal 2015.

"Mentalitas saya terganggu karena tak bisa mengejar rival di trek lurus. Kalau bisa meningkatkan akselerasi, kami bakal memiliki motor terbaik di grid. Masalahnya, hal itu sulit dilakukan karena mesin disegel dan tak bisa diutak-atik di tengah musim. Namun, saya tak akan protes. Saya percaya Honda telah bekerja keras," kata Marquez.

Lalu, di mana posisi Honda dalam akselerasi motor dibanding pabrikan lain? Marquez menyebut Honda ada di peringkat keempat.

"Kalau berdasarkan ranking, urutannya adalah Ducati, Yamaha, Suzuki, baru Honda. Dengan Ducati, akselerasi motor kami kalah jauh, tapi kalau dibanding Yamaha dan Suzuki perbedaannya tak terlalu besar," ujar Marc Marquez.

Video Populer

Foto Populer