Sukses


Lewati Nieto, Lorenzo Kejar Rekor Pedrosa

Bola.com, Mugello - Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, berhasil melewati rekor podium rider legendaris asal Spanyol, saat memenangi MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, pekan lalu. Kini, Lorenzo tinggal selangkah lagi menyalip rekor kompatriotnya, Dani Pedrosa.

Nieto, yang mengoleksi 13 gelar juara dunia Grand Prix di berbagai kelas, total mengoleksi 139 podium. Namun, rekor tersebut berhasil disamai Lorenzo saat menjuarai balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans dan akhirnya dilewati di Mugello. Lorenzo berhak berdiri di urutan keempat daftar pebalap dengan jumlah podium terbanyak di ajang balap motor dunia.

Meskipun mengaku tak terobsesi mematahkan rekor podium, Lorenzo hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk menyamai posisi ketiga yang ditempati Pedrosa. Rider Repsol Honda tersebut mengantongi 142 podium sepanjang kariernya di ajang balap motor dunia.

Kans Lorenzo untuk menyalip rekor Dani Pedrosa sangat terbuka lebar. Pebalap berjuluk X-Fuera tersebut sedang on fire dan rutin naik podium. Bahkan, dia mampu menjuarai dua balapan terakhir MotoGP 2016 di Le Mans dan Mugello. Di sisi lain, musim ini Pedrosa belum berpartisipasi dalam perayaan di podium.

Sementara itu, posisi dua teratas dalam daftar prestisius ini diisi oleh Valentino Rossi dan Giacomo Agostino. The Doctor sudah 214 kali naik podium, sedangkan Agostini 159 kali. Keduanya adalah pebalap Italia. Jadi, jika mampu melewati Pedrosa, Lorenzo bakal menjadi pebalap Spanyol dengan raihan podium terbanyak.

Kans Lorenzo merangsek ke posisi kedua dalam daftar ini juga masih terbuka. Pebalap berusia 29 tahun tersebut belum menunjukkan tanda-tanda bakal pensiun dalam waktu dekat. Selain itu, dia juga masih dalam performa terbaik. Kans Lorenzo juga tergantung pada penampilannya saat menjalani petualangan bersama Ducati mulai musim 2017. Ducati dikenal sebagai tim yang menyulitkan pebalap papan atas, termasuk Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer