Sukses


4 Pebalap yang Sudah Lebih dari 3 Kali Juara di MotoGP Jerman

Bola.com, Sachsenring - MotoGP 2016 memasuki seri ke-9. Para pebalap akan adu kecepatan di Sirkuit Sachsenring yang jadi venue MotoGP Jerman.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, disebut sebagai "Raja" di Sachsenring. Dia sudah mengantongi enam kemenangan di Sachsenring. Tepatnya sekali pada ajang 125cc, dua kali pada kancah Moto2, dan tiga kali pada ajang MotoGP.

Namun, Marquez bukan pebalap yang mengantongi kemenangan terbanyak MotoGP Jerman. Masih ada pebalap yang sudah mengantongi empat kemenangan, atau bahkan lebih

Siapa saja mereka? Berikut ini empat pebalap yang sudah empat kali meraih gelar juara di Jerman pada era MotoGP:

1. Mick Doohan

Mick Doohan pertama kali menjuarai MotoGP Jerman pada tahun 1992. Saat itu, para pebalap masih menggunakan motor bermesin 500cc. Doohan mampu mengalahkan Kevin Schwantz pada balapan ini. Dua musim berselang, Doohan kembali menjadi juara. Lagi-lagi dia mengalahkan Schwantz.

Dua musim berikutnya, Doohan absen menjadi juara. Dia baru mampu merebut gelar juara di Jerman pada musim 1997 dan 1998. Pada 1997, Doohan mengalahkan Tadayuki Okada. Sementara pada musim 1998, giliran Max Biaggi yang diasapinya.

2 dari 2 halaman

Valentino Rossi

2. Giacomo Agostini

Pria asal Italia ini terbilang pebalap paling berjaya di MotoGP Jerman. Bukan hanya empat, Agostini sudah delapan kali memenangi balapan di Jerman. Bahkan, enam gelar mampu dia raih secara beruntun mulai dari tahun 1967 hingga 1972. Sempat dua musim absen jadi juara, Agostini kembali merebut titel yang terbaik pada musim 1975 dan 1976.

3. Dani Pedrosa

Prestasi Dani Pedrosa di MotoGP Jerman terbilang lebih mentereng ketimbang rekan timnya, Marc Marquez. Pebalap asal Spanyol itu sudah empat kali menjadi juara di sana.

Pedrosa pertama kali juara di MotoGP Jerman pada taahun 2007. Dia mematahkan dominasi Valentino Rossi yang selalu jadi juara dua musim sebelumnya.
Yang fenomenal adalah ketika Pedrosa mencetak tiga kemenangan secara beruntun. Ketika itu, pebalap berusia 31 tahun ini menjadi yang tercepat pada MotoGP Jerman 2010, 2011, dan 2012. Dominasinya kemudian berakhir setelah Marquez promosi ke MotoGP.

4. Valentino Rossi

Selain Giacomo Agostini, Valentino Rossi bisa dibilang sebagai pebalap Italia paling sukses di MotoGP Jerman. Memang prestasi Rossi tak sementereng Agostini.

Pebalap berusia 37 tahun itu baru empat kali menjadi juara di MotoGP Jerman. Kemenangan pertama Rossi diraih pada musim 2002 saat mengalahkan musuh bebuyutannya, Max Biaggi.

Setelah vakum dua musim, Rossi baru kembali merasakan podium juara pada musim 2005 dan 2006. Musim 2009 menjadi terakhir kali Rossi menjadi pemenang di MotoGP Jerman. Mampukah dia mengulanginya musim ini? Kita lihat saja nanti. 

Video Populer

Foto Populer