Sukses


MotoGP Inggris: Vinales Ukir Rekor, Crutchlow-Rossi Naik Podium

Bola.com, Silverstone - Pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales, keluar sebagai pemenang pada balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016). Ini merupakan kemenangan pertama Vinales pada ajang MotoGP.

Pebalap asal Spanyol itu menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 39 menit 3,559 detik. Dia unggul 3,480 detik atas pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, yang finis kedua. Sementara jagoan Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menempati posisi ketiga.

Sementara itu, pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyelesaikan balapan di posisi keempat, diikuti rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang berada di posisi kelima.

Hasil buruk kembali menimpa Jorge Lorenzo. Kali ini pebalap Movistar Yamaha itu menempati posisi ke-8.

Balapan sempat dihentikan sementara akibat insiden yang melibatkan pebalap Avintia Racing, Loris Baz, dengan rider Monster Yamaha Tech 3, Pol Espargaro, tikungan pertama.

Keduanya terlibat senggolan sebelum sama-sama terjatuh. Bendera merah pun dikibarkan akibat kecelakaan hebat yang melibatkan Baz dan Espargaro.

Akibat kecelakaan ini, Baz dan Espargaro terpaksa harus dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Namun, saat dibawa kedua pebalap tersebut dalam keadaan sadar. Bahkan, Baz sempat melambaikan tangannya sebelum masuk ke dalam ambulans.

Setelah beberapa menit, balapan dilanjutkan. Para pebalap melakukan start ulang. Pada start kedua ini, Crutchlow sempat mempertahankan posisi terdepan.

Namun, tak lama berselang posisinya disalip Vinales. Pada lap kedua, giliran Marquez yang menyalip Crutchlow untuk merebut posisi kedua.

Nasib apes dialami Stefan Bradl dan Scott Redding. Keduanya terjatuh di tengah balapan. Bradl dinyatakan keluar, sementara Redding mampu melanjutkan balapan.

Saat balapan menyisakan 15 lap, Rossi membuat aksi luar biasa. Dia menyalip Crutchlow dan Marquez untuk merebut posisi kedua. Pebalap Italia itu kini 2,538 detik di belakang Vinales yang menjadi pemimpin lomba.

Lima lap berikutnya, Marquez melorot ke posisi keempat setelah disalip Crutchlow. Tak lama berselang, giliran Andrea Iannone yang menyalip pebalap asal Spanyol itu. Tak hanya Marquez, Iannone juga melewati Crutchlow dan Rossi!

Ketika perebutan posisi kedua berjalan sengit, Vinales justru nyaman berada di posisi terdepan. Dia terpaut empat detik atas pebalap yang berada di posisi kedua.

Saat balapan menyisakan enam lap, Iannone membuat kesalahan fatal. Dia tergelincir hingga masuk gravel dan harus merelakan peluang naik podium melayang begitu saja.

Pertarungan sengit terjadi antara Rossi dan Marquez dalam memperebutkan posisi ketiga. Mereka saling salip untuk menempati posisi itu. Akhirnya, Marquez yang keluar sebagai pemenang.

Beberapa lap kemudian, giliran Crutchlow yang harus merelakan posisinya direbut Marquez. Pebalap berusia 23 tahun itu kini menempati posisi kedua. Namun, kesalahan fatal justru dilakukan Marquez. Dia terlalu melebar sehingga mampu disalip Crutchlow, Rossi, dan Dani Pedrosa.

Vinales akhirnya keluar sebagai juara setelah tampil perkasa sejak awal balapan. Sementara Crutchlow dan Rossi mampu naik podium setelah finis kedua dan ketiga.

Hasil balapan MotoGP Inggris, Minggu (4/9/2016). (Twitter)

Video Populer

Foto Populer