Sukses


MotoGP Pensiunkan Nomor 58 Milik Marco Simoncelli di Misano

Bola.com, Misano - MotoGP akan kembali memberikan penghormatan khusus buat mendiang Marco Simoncelli. Nomor balap 58 yang identik dengan pebalap asal Italia itu bakal dipensiunkan dari kejuaraan dunia balap motor grand prix.

Seperti dilansir situs Motorbike Magazine, Senin (5/9/2016), CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, secara resmi akan memensiunkan nomor 58 dalam acara seremonial menjelang konferensi pers MotoGP San Marino di Misano, Kamis (8/9/2016).

Simoncelli selalu menggunakan nomor balap 58 sepanjang karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix, kecuali saat tampil lewat jalur wild-card di kelas 125cc pada GP Rep. Ceska 2002 di Sirkuit Brno bareng Aprilia. Saat itu, Simoncelli memakai nomor 37.

Sejak debut musim penuh pertamanya di kelas 125cc pada 2003, nomor 58 langsung identik dengan Simoncelli. Dia terus memakai nomor tersebut hingga mengalami kecelakaan tragis yang merenggut nyawanya di Sepang, Malaysia, pada 2011.

Nomor 58 seolah sudah tak bisa dipisahkan dari Simoncelli. Setelah dipensiunkan secara resmi, tak ada pebalap lain yang bisa menggunakan nomor tersebut. Pebalap terakhir yang memakai nomor 58 setelah Simoncelli tutup usia adalah Loris Capirossi pada GP Valencia 2011 sebagai penghormatan buat SuperSic.

Pada 23 Oktober mendatang akan menandai lima tahun wafatnya Marco Simoncelli. Setelah meninggal dunia, Simoncelli telah mendapat banyak penghormatan.

Pada 2012, nama Marco Simoncelli digunakan sebagai nama sirkuit di Misano. Sekarang sirkuit yang menggelar MotoGP San Marino itu dikenal sebagai Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Pada 2014, MotoGP memasukkan Marco Simoncelli dalam MotoGP Hall of Fame untuk menjadi legenda MotoGP yang ke-21. Acara seremonial dihelat di Mugello. Tahun ini giliran nomor 58 Simoncelli yang akan dipensiunkan dari MotoGP.

Video Populer

Foto Populer