Sukses


Marquez Dapat Modal buat Habisi Mimpi Rossi Jadi Juara Dunia

Bola.com, Aragon - Dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, telah menyelesaikan tes privat selama sehari di Sirkuit Motorland Aragon, Teruel, Spanyol, Rabu (28/9/2016). Hasil tes di Aragon itu bakal menjadi modal Marquez untuk menghabisi impian rider Yamaha, Valentino Rossi, merebut titel MotoGP 2016.

Tes di Aragon merupakan yang terakhir buat Marquez dan Pedrosa dari jatah lima hari tes sepanjang musim ini. Sebelumnya, kedua pebalap asal Spanyol itu sudah melakukan tes di Jerez pada November 2015 (tiga hari) dan di Misano dua pekan silam (sehari).

Tes di Misano seharusnya digelar selama dua hari. Namun, hari pertama tes terpaksa dibatalkan karena hujan. Honda pun memindahkan jatah tes yang belum terpakai itu ke Aragon.

Seperti dilansir situs HRC, tes di Aragon berlangsung dalam kondisi cuaca yang cerah sehingga seluruh program tes bisa dijalani dengan baik.

Sama seperti di Misano, fokus utama Honda dalam tes di Aragon adalah menguji mesin baru untuk MotoGP 2017. Selain itu, mereka juga mencoba berbagai setelan motor RC213V 2016 guna menghadapi tiga balapan beruntun di Asia dan Australia (flyaway race) yang sangat krusial bagi Marquez dalam perebutan gelar musim ini.

Marquez sangat berpeluang menjadi juara dunia musim ini. Si Bayi Alien saat ini unggul 52 poin atas rival terdekat, Valentino Rossi, dan 66 angka di depan Jorge Lorenzo dengan empat seri tersisa.

Bahkan, Marquez bisa saja menyegel gelar pada balapan berikutnya di Motegi, Jepang, 16 Oktober mendatang. Jika Marquez menang, sedangkan Rossi gagal meraih poin dan Lorenzo tidak naik podium, perolehan poin pebalap asal Spanyol itu secara matematis tidak bisa dikejar lagi.

Tes yang dilakukan Honda terbukti memberi hasil positif bagi Marquez. Usai tes di Misano, dia menang di Aragon. Bukan tidak mungkin Marquez kembali juara di Motegi selepas tes di Aragon.

Apalagi belakangan performa Honda terus meningkat. Dalam tujuh balapan terakhir, pebalap Honda mampu merebut lima kemenangan. Khusus Repsol Honda, Pedrosa dan Marquez menguasai dua seri terakhir di Misano dan Aragon.

Saat penampilan Honda semakin bagus, Yamaha malah jalan di tempat. Tim Garpu Tala belum pernah menang lagi sejak Valentino Rossi jadi juara di Catalunya, awal Juni silam. Yamaha juga tidak bisa mengeksplorasi banyak hal baru seperti yang dilakukan Marc Marquez dan Dani Pedrosa setelah membatalkan rencana tes selepas balapan di Aragon.

 

Video Populer

Foto Populer