Sukses


Yamaha Persulit Lorenzo Tes Motor Baru Ducati

Bola.com, Aragon - Yamaha telah sepakat memberikan kesempatan kepada Jorge Lorenzo untuk menjalani tes bersama tim barunya, Ducati, selepas seri terakhir MotoGP 2016 di Valencia, pada 13 November. Namun, Tim Garpu Tala hanya mengizinkan Lorenzo melakukan tes dengan Ducati selama dua hari.

Berdasarkan regulasi tes yang tertera di situs resmi MotoGP, tim dan pebalap diperbolehkan melakukan tes resmi selama tiga hari di sirkuit di Eropa dalam rentang waktu selepas balapan terakhir musim sampai 30 November 2016. Valencia jadi venue reguler tes musim dingin tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ducati membagi tiga hari tes itu buat pebalap tim satelit Pramac selama dua hari dan sisanya untuk pebalap penguji. Namun, tahun ini Ducati mesti mengubah rencana tes mereka menyusul kedatangan Lorenzo dari Yamaha.

Kontrak Lorenzo di Yamaha sebenarnya baru habis pada akhir Desember 2016. Tetapi, pabrikan Jepang itu bersedia melepas X-Fuera lebih awal guna beradaptasi dengan motor Ducati Desmosedici. Hanya, Lorenzo cuma boleh melakukan tes selama dua hari di Valencia, tak lebih dari itu.

MotoGP melarang pebalap dan tim melakukan tes antara 1 Desember 2016 hingga 31 Januari 2017.

"Ya, benar. Lorenzo hanya diizinkan tes selama dua hari. Karena itulah kami bekerja keras agar Desmosedici GP17 (motor baru Ducati) sudah siap untuk hari pertama tes di Valencia," kata Paolo Ciabatti, sporting director Ducati Corse, kepada GPOne di sela-sela MotoGP Aragon, akhir pekan lalu.

"Tes nanti jadi satu-satunya kesempatan kami untuk mendapatkan masukan dari Lorenzo. Sejauh ini semuanya lancar. Untuk tes di Valencia, bisa dipastikan kami akan membawa dua motor baru, satu untuk Dovi (Andrea Dovizioso) dan satu lagi buat Lorenzo," ujar Ciabatti.

Yamaha bukan tim pertama yang mempersulit adaptasi pebalap yang akan pindah dengan tim barunya. Pada akhir 2003, Honda tidak mengizinkan Valentino Rossi melakukan tes bersama Yamaha sampai tes pramusim di Sepang, Malaysia, setahun berselang.

Langkah Yamaha membatasi waktu tes Jorge Lorenzo bersama Ducati seolah menunjukkan bahwa mereka mewaspadai ancaman paket Lorenzo-Ducati pada MotoGP 2017.

 

Video Populer

Foto Populer