Sukses


Emilio Alzamora, Sosok di Balik Kesuksesan Marc Marquez

Bola.com, Aragon - Marc Marquez menjadi salah satu pebalap paling fenomenal di MotoGP saat ini. Dia mampu mematahkan dominasi dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dalam beberapa musim terakhir.

Sudah dua titel juara dunia MotoGP yang dia kantongi. Bahkan, dia menjadi satu di antara empat pebalap yang mampu meraih gelar juara dunia pada empat kategori yang berbeda (125cc, Moto2, dan MotoGP).

Tentunya dia tak meraih sukses itu sendiri. Ada banyak orang yang berada di belakang The Baby Alien yang memberikan dukungan luar biasa.

Nama Emilio Alzamora mungkin layak dikedepankan. Seperti dikutip Sport Rider, Alzamora merupakan orang yang membawa Marquez bisa sesukses ini. Dia adalah orang yang merancang dan membangun langkah Marquez secara hati-hati.

"Saya selalu mencoba untuk membangun struktur seformatif mungkin," kata Alzamora.

Alzamora bertemu dengan Marquez pada tahun 2004. Saat itu keduanya dipertemukan dalam ajang Supermotard Catalan Championship. Dari sana keduanya mulai menjalin "hubungan".

Pria yang juga mantan pebalap itu kemudian ditunjuk sebagai manajer Marquez. Keputusan pebalap yang kini berusia 23 tahun tersebut tak salah. Alzamora membawa Marquez akhirnya menjuarai balapan kelas 125cc pada tahun 2010.

Dua tahun berselang, giliran kelas Moto2 yang dikuasai Marquez. Hingga merebut dua gelar juara dunia MotoGP pada 2013 dan 2014.

"Ini sudah terjalin sejak kami bergabung dengan tim Alberto Puig, yang pada saat itu KTM, kemudian kami mengambil lompatan ke Moto2, kami mencari tim yang nantinya akan menemani Marquez ke MotoGP. Kami mendefinisikan metodologi dan cara itu adalah hal yang ideal," cerita Alzamora.

"Dalam beberapa hal, dia tampak seperti saya. Dia sangat bertanggung jawab dan sangat metodis," tambahnya.

Namun Alzamora tak ingin jumawa. Menurutnya, ada banyak orang yang juga ada di belakang kesuksesan Marquez, sebut saja keluarga sang pebalap.

"Keluarga juga membantu. Ayah Marquez tahu di mana dia berdiri dan dia orang yang rendan hati, dan Marc tak kehilangan nilai-nilai yang telah ditanamkan pada dirinya di rumah," ungkap Alzamora.

Musim ini, Alzamora kembali memoles bakat alami Marquez. Pebalap asal Spanyol itu berpeluang besar meraih gelar juara dunia MotoGP ketiganya. Dengan empat balapan sisa pada MotoGP 2016, Marquez unggul 52 poin dari Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer