Sukses


Marquez Bisa Juara Dunia di MotoGP Jepang, Ini Syaratnya

Bola.com, Motegi - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpeluang menyegel titel juara dunia 2016 pada MotoGP Jepang, pekan depan. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi Baby Alien untuk memastikan gelar juara dunia aman dalam dekapannya.

 

Marquez membuat langkah penting dalam perburuan titel juara dunia saat memperlebar jarak atas para rival di MotoGP Aragon, dua pekan lalu. Seusai balapan, pria asal Spanyol menambah keunggulan atas sang runner up, Valentino Rossi, dari 43 poin menjadi 52 poin.  

Adapun jarak Marquez dengan peringkat ketiga, Jorge Lorenzo, juga bertambah lima poin, menjadi 66 poin. Dengan empat balapan tersisa pada musim ini, Marquez kini mengantongi 248 poin, Rossi mengoleksi 196 poin, dan Lorenzo mengumpulkan 182 poin. Di atas kertas, Marquez sulit dibendung untuk menjadi juara dunia MotoGP untuk kali ketiga. 

Seperti dilansir Motorsport, Jumat (7/10/2016), Baby Alien bahkan bisa menyegel gelar pada balapan pekan depan di Motegi. Syaratnya, dia harus bisa memperlebar jarak atas rival-rivalnya menjadi 76 poin. 

Untuk mewujudkan skenario tersebut, Marquez harus berusaha menjuarai MotoGP Jepang. Jika mampu menjadi pemenang di Motegi, Marquez bakal mengantongi 273 poin. Namun, menang saja tak cukup bagi Baby Alien.

Dia juga harus berharap Rossi hanya bisa menambah satu poin atau kurang. Itu artinya, The Doctor finis di posisi ke-16 atau lebih buruk. Jika finis di posisi ke-16, Rossi bakal mengumpulkan 197 poin atau tertinggal 76 poin dari Marquez. Namun, jika mampu merampungkan balapan pada posisi 15 besar, perburuan gelar juara dunia MotoGP 2016 dipastikan masih berlanjut. 

Jika Rossi gagal finis di posisi 15 besar, Marquez juga belum otomatis juara. Gelar juara dunia belum bisa diamankan Marquez jika Lorenzo mampu finis di posisi tiga besar. X-Fuera dipastikan keluar dari persaingan jika gagal finis mininal di urutan ketiga di Motegi. Jika dua skenario tersebut terealisasi, hasil pada tiga balapan setelah motegi (Phillips Island, Malaysia, dan Valencia) tak akan berpengaruh lagi.

 

Mampukah Marquez menyegel titel pada balapan pekan depan? Melihat performa Marquez, Rossi, dan Lorenzo sejauh ini, tampaknya skenario tersebut sulit terwujud. Valentino Rossi dan Lorenzo dipastikan bakal berjuang habis-habisan untuk mencegah Baby Alien juara dunia terlalu cepat.  

 

 

Video Populer

Foto Populer