Sukses


Perbandingan Rossi-Marquez Saat Usia 23 Tahun, Siapa Lebih Hebat?

Bola.com, Phillip Island - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, kerap dibanding-bandingkan prestasinya dengan legenda hidup MotoGP asal Italia, Valentino Rossi. Apalagi keduanya sama-sama sudah mengukir banyak prestasi mentereng saat masih berusia sangat muda. 

Rossi hanya butuh dua musim untuk merengkuh titel juara dunia pertama di kelas utama (500cc/MotoGP). Baby Alien, julukan Marquez, bahkan lebih impresif karena langsung juara dunia pada musim debutnya di ajang MotoGP, tepatnya pada 2013.

Sedangkan di kelas yang lebih rendah, Rossi dan Marquez sama-sama mengoleksi titel juara dunia. Rossi juara kelas 125 cc, begitu juga Marquez. Hal yang sama juga terjadi di kelas 250cc/Moto2. Kedua pebalap sama-sama menyegel titel juara pada musim kedua berkiprah di kelas menengah tersebut.

Situs Spanyol, AS, Kamis (20/10/2016), mencoba membandingkan kehebatan Marc Marquez dan Rossi seusai MotoGP Jepang yang berlangsung akhir pekan lalu. Pada balapan tersebut Marquez berhasil menyegel gelar juara dunia MotoGP untuk kali ketiga. Ini prestasi istimewa mengingat kakak Alex Marquez tersebut baru berusia 23 tahun. AS lalu membandingkan prestasi Rossi dan Marquez saat sama-sama masih berusia 23 tahun. Siapakah yang lebih hebat?  

Menurut AS, saat meraih gelar juara untuk kali ketiga di kelas MotoGP, Marquez tepat berusia 23 tahun 7 bulan dan 28 hari. Pada titik tersebut, pria kelahiran Cervera pada 17 Februari 1993 tersebut sudah mengoleksi lima gelar juara dunia (di berbagai kelas), 44 kemenangan di ajang Grand Prix, 20 kali finis di posisi kedua, 14 kali finis di urutan ketiga, 89 kali podium, dan 64 pole position.

Adapun Rossi (lahir di Urbino, Italia, pada 16 Februari 1979), pada usia yang sama mengantongi empat titel juara dunia (di berbagai kelas), 49 kemenangan di ajang Grand Prix, 13 kali finis di posisi kedua, 10 kali finis di urutan ketiga, 72 kali podium, dan 21 pole position

Perbincangan juga melebar pada sosok-sosok rival yang dihadapi Rossi maupun Marquez saat berusia 20-23 tahun. Pada periode tersebut The Doctor harus berjibaku dengan pebalap papan atas seperti Kenny Roberts, Max Biaggi, Alex Barros, dan Loris Capirossi. Adapun pada periode yang sama, Marquez berhadapan dengan Rossi, Jorge Lorenzo atau Dani Pedrosa. 

Jadi siapa yang lebih hebat? Yang jelas, Valentino Rossi dan Marc Marquez sama-sama hebat karena setiap periode di kejuaraan dunia balap motor memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda-beda. 

Berikut ini perbandingan prestasi Valentino Rossi dan Marquez saat sama-sama berusia 23 tahun 

Valentino Rossi   Vs  Marc Marquez

5     Gelar juara dunia  4

55   Jumlah Kemenangan 49
20   Posisi Kedua     13
14   Posisi Ketiga    10
89   Podium    72
64   Pole    21

 

Video Populer

Foto Populer