Sukses


MotoGP Malaysia: Dovizioso Juara, Rossi Asapi Lorenzo

Bola.com, Sepang - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjuarai balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Internasional Sepang, Minggu (30/10/2016). Dovizioso mengalahkan duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Bagi Dovizioso, ini merupakan kemenangan keduanya di MotoGP setelah di Donington Park, Inggris, pada 2009. DesmoDovi sekaligus mempersembahkan kemenangan kedua buat Ducati pada MotoGP 2016 setelah di Red Bull Ring, Austria, 14 Agustus 2016.

Jalannya Lomba

Hujan cukup deras mengguyur Sirkuit Sepang sebelum balapan MotoGP Malaysia. Race Direction sempat mengumumkan start ditunda. Karena hujan mulai reda, start akhirnya diputuskan tetap digelar pada pukul 15.00 waktu setempat atau 14.00 WIB.

Namun, saat pebalap keluar dari pit dan mengitari trek menuju starting grid, hujan kembali deras. Beberapa rider, termasuk Valentino Rossi, memutuskan kembali ke pit lane untuk mengganti motor dan melakukan sighting lap kedua sebelum berbaris di grid.

Tak lama, Race Direction kembali mengumumkan penundaan start selama 15 menit dan balapan hanya berlangsung dalam 19 lap dari awalnya 20 lap. Rider pun bergegas kembali ke pit lane. Mekanik tim juga mendorong kembali motor ke pit sambil menunggu hujan reda.

Setelah 15 menit hujan akhirnya reda dan lomba dimulai dalam kondisi basah. Andrea Dovizioso start dari pole. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menemani Dovizioso di baris terdepan. Marc Marquez, Cal Crutchlow, dan Andrea Iannone ada di baris kedua. Sebagai informasi, Marquez memilih memakai piringan rem dari serat karbon, bukan baja.

Setelah melakukan sighting lap, pebalap meminta start kembali ditunda beberapa saat untuk menunggu air yang menggenang hilang. Permintaan itu dikabulkan Race Direction yang menunda start selama lima menit lagi. Artinya, balapan dimulai pukul 15.20 waktu setempat atau 14.20 WIB.

Balapan dimulai, Lorenzo melakukan start dengan sempurna. Dia melesat di depan selepas tikungan pertama diikuti Marquez, Dovizioso, dan Rossi.

Namun, Lorenzo tak lama berada di depan. Dia disalip pebalap lain satu demi satu sehingga melorot ke posisi keenam.

Pada lap kedua, Rossi memimpin di depan Iannone dan Dovizioso. Marquez dan Aleix Espargaro melengkapi posisi lima pebalap terdepan.

Iannone menyerang dan melewati Rossi pada tikungan 12. Pucuk pimpinan lomba pun berpindah.

Pada lap ketiga, Aleix Espargaro melebar sehingga turun posisi ke peringkat 13. Selepas lap ketiga, empat pebalap terdepan unggul 1,3 detik atas Lorenzo di posisi kelima. Sempat mencetak fastest lap, Lorenzo malah disalip Crutchlow di tikungan tujuh pada lap keempat.

Pada lap kelima, Iannone dan Rossi terlibat duel ketat di depan. Sempat saling salip, Rossi akhirnya kembali memimpin di depan. Di belakang, Crutchlow naik ke posisi keempat usai menyalip Marquez.

Satu lap berselang, Iannone kembali merebut posisi terdepan usai melewati Rossi di tikungan 15. Pada saat yang sama Crutchlow dan Marquez terus mendekati Dovizioso dan semakin menjauhi Lorenzo.

Saat balapan menyisakan 10 lap lagi, lima pebalap terdepan yang dipimpin Iannone sudah unggul 2,5 detik di depan Lorenzo yang sendirian di posisi keenam. Sampai detik ini, sang pemenang masih sulit ditebak karena kelima pebalap terdepan berada sangat dekat.

Sembilan lap lagi, Rossi membuat manuver. The Doctor menyalip Iannone pada tikungan sembilan untuk kembali memimpin lomba. Iannone coba melewati Rossi lagi tapi gagal.

Satu lap berselang, Crutchlow dan Marquez terjatuh saat berada di lima besar. Crutchlow crash di tikungan dua, sedangkan Marquez di tikungan 11. Crutchlow out, tapi Marquez bisa melanjutkan lomba.

Di depan, Dovizioso menyalip Iannone untuk merebut posisi kedua. Tak lama, Iannone juga crash out di tikungan sembilan pada lap ke-13! Pupus sudah harapan Ducati untuk merebut dobel podium.

Jatuhnya Crutchlow, Marquez, dan Iannone menguntungkan Lorenzo yang naik ke posisi ketiga. Di depan, Rossi masih berduel dengan Dovizioso karena keduanya hanya terpaut 0,2 detik.

Drama terjadi saat balapan tinggal lima lap lagi. Rossi melebar di tikungan satu sehingga harus merelakan posisi terdepan kepada Dovizioso yang memimpin lomba untuk pertama kali. Dovizioso langsung tancap gas dan unggul hampir satu detik atas Rossi.

Rossi terlihat kesulitan saat mengerem dan tertinggal semakin jauh. Tiga lap tersisa, selisih Rossi dengan Dovizioso sudah hampir empat detik.

Andrea Dovizioso mampu menjaga keunggulan hingga akhirnya finis terdepan. Rossi finis kedua, tertinggal 3,115 detik dari Dovizioso. Podium dilengkapi Lorenzo yang finis ketiga. Selepas balapan di Sepang, Malaysia, MotoGP 2016 masih menyisakan satu seri tersisa di Valencia, Spanyol, 13 November 2016.

Hasil Lengkap MotoGP Malaysia, Minggu (30/10/2016):

(Posisi-Pebalap-Tim-Waktu/Selisih)

1. Andrea Dovizioso (Ducati) 42 menit 27,333 detik
2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) +3,115 detik
3. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) +11,924 detik
4. Hector Barbera (Avintia Ducati) +19,916 detik
5. Loris Baz (Avintia Ducati) +21,353 detik
6. Maverick Vinales (Suzuki) +22,932 detik
7. Alvaro Bautista (Aprilia) +25,829 detik
8. Jack Miller (Marc VDS Honda) +32,746 detik
9. Pol Espargaro (Yamaha Tech 3) +33,704 detik
10. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) +34,280 detik
11. Marc Marquez (Repsol Honda) +36,480 detik
12. Eugene Laverty (Aspar Ducati) +36,638 detik
13. Aleix Espargaro (Suzuki) +36,897 detik
14. Bradley Smith (Yamaha Tech 3) +45,609 detik
15. Scott Redding (Pramac Ducati) +49,779 detik
16. Hiroshi Aoyama (Repsol Honda) +52,665 detik
17. Stefan Bradl (Aprilia) +52,784 detik
18. Tito Rabat (Marc VDS Honda) +54,891 detik

Gagal Finis

Andrea Iannone (Ducati) 7 Lap
Cal Crutchlow (LCR Honda) 8 Lap
Yonny Hernandez (Aspar Ducati) 8 Lap

Video Populer

Foto Populer