Sukses


Inovasi Tim Milik Valentino Rossi Untungkan MotoGP

Bola.com, Milan - Sky Racing Team VR46 memperkenalkan inovasi baru di kejuaraan dunia balap motor grand prix. Tim milik Valentino Rossi itu bukan menggandeng perusahaan sebagai sponsor, melainkan partner.

Rossi menjalin kerja sama dengan Sky untuk membentuk tim balap pada 2014 atau pada tahun yang sama saat stasiun televisi dan perusahaan media itu membeli hak siar MotoGP di Italia.

Rossi mengusung visi dan misi yang sama dengan Sky. The Doctor yang telah memiliki akademi balap VR46 Academy ingin membantu para pebalap muda Italia untuk bersaing di tingkat dunia. Niat mulia Rossi sejalan dengan kebijakan perusahaan Sky, yakni melakukan investasi di berbagai bidang, mulai dari kuliner, musik, hingga olahraga, agar talenta dari Negeri Piza bisa berkembang.

Proyek awal Rossi dan Sky adalah ambil bagian di kelas Moto3. Setelah tiga musim mengoleksi enam kemenangan dan 15 podium, Sky Racing Team VR46 akan berkompetisi di dua kelas pada 2017, yaitu Moto2 dan Moto3.

Seluruh pebalap Sky Racing Team VR46 berasal dari Italia. Mereka menurunkan Stefano Manzi dan Francesco Bagnaia di Moto2, sedangkan di Moto3 mereka mengandalkan duet Nicolo Bulega dan Andrea Migno.

"Tujuan kami sejak awal adalah memberikan kesempatan kepada talenta muda Italia untuk berkembang dengan dukungan tim profesional yang berpengalaman. Kami bukan sponsor, melainkan partner. Sebagai perusahaan kami berinvestasi untuk pebalap muda Italia. Secara tak langsung, ini juga merupakan investasi buat MotoGP karena kami membantu mendidik calon juara dan mengenalkan mereka kepada fans," kata penanggung jawab proyek Sky Racing Team VR46, Elena Sacchi, seperti dikutip dari BSN, Sabtu (11/2/2017).

"Dahulu, Italia merupakan kiblat balap motor. Namun, dalam beberapa tahun terakhir pebalap Spanyol begitu dominan. Kini para pebalap Italia mulai memperlihatkan eksistensinya, terutama di kelas Moto2 dan Moto3," ujar Sacchi.

Ivestasi Sky berbuah manis. Keberadaan pebalap Italia di seluruh kelas membuat pelanggan Sky bertambah.

"Proyek kami mendapat sambutan positif dari para pelanggan. Konsumen kami bukan cuma mengenal dan mendukung pebalap Italia yang ada di MotoGP, tapi juga yang masih di kelas Moto2 dan Moto3. Imbasnya, pelanggan TV berbayar kami bertambah," kata Sacchi.

Sky menyadari Italia butuh sosok penerus Rossi. Karena itu, kerja sama dengan Rossi dan VR46 Academy sangat krusial baik dalam menemukan suksesor Rossi maupun menyiasati pergeseran generasi setelah Rossi pensiun. Ujung-ujungnya MotoGP juga akan diuntungkan karena generasi muda punya idola baru ketika era Rossi berakhir. Artinya, popularitas MotoGP bisa terus terjaga.

Sebenarnya, Sky bukan satu-satunya perusahaan media yang berinvestasi di MotoGP. Stasiun televisi Spanyol Movistar juga menayangkan MotoGP di Negeri Matador dan mensponsori tim pabrikan Yamaha yang diperkuat Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Hanya, formula kerja sama Sky dengan tim milik Rossi dalam bentuk Sky Racing Team VR46 lebih unik serta memiliki keuntungan jangka panjang yang efeknya masif.

Video Populer

Foto Populer