Sukses


Sirkuit Aragon: Aragon, Trek Neraka untuk Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Aragon mulai menggelar balapan MotoGP pada 2010. Hal itu menjadikan Aragon sebagai sirkuit keenam yang dipergunakan untuk balapan GP di Spanyol. Sirkuit lainnya yang dipakai adalah Jerez, Catalunya, Jarama, Montjuich, dan Valencia.

MotoGP cuma menggunakan Sirkuit Catalunya, Jerez, Valencia, dan Aragon. Sirkuit Jarama dan Montsuich lebih banyak menggelar ajang balap mobil.

Sirkuit Aragon termasuk dalam lima sirkuit di musim ini yang laju balapnya berlangsung dengan berlawanan arah jarum jam, seperti Austin, Sachsenring, Phillip Island dan Valencia.

Sirkuit yang memiliki alur berlawanan arah jarum jam cenderung lebih berbahaya untuk para pebalap. Selain itu, trek lurus panjang yang dimiliki oleh Aragon juga akan memaksa pebalap untuk memacu motornya hingga maksimal, yang tentunya menjadi tontonan menarik bagi penonton.

Casey Stoner menjadi pebalap MotoGP pertama yang keluar sebagai juara pada 2010 bersama Ducati. Pada tiga musim berikutnya podium teratas Aragon selalu ditempati oleh rider Honda.

Pebalap asal Australia tersebut juga menjadi satu-satunya pebalap yang bukan berasal dari Spanyol penakluk Aragon. Hingga saat ini belum ada rider dari luar Negeri Matador yang mampu finis di urutan pertama sejak 2011.

Sirkuit Aragon merupakan salah satu dari tiga sirkuit yang belum bisa dimenangi Valentino Rossi di kelas MotoGP. Dua lainnya adalah Austin dan Red Bull Ring.

Pada MotoGP 2017, Marc Marquez keluar sebagai yang tercepat mengalahkan Dani Pedrosa yang berada di urutan kedua dan Jorge Lorenzo yang menghuni posisi ketiga.

 

2 dari 2 halaman

Data Sirkuit Aragon

Nama: Aragon

Lokasi: Alcaniz, Aragon, Spanyol.

Panjang Sirkuit: 5,1 kilometer

Jumlah tikungan: 17 (10 ke kiri, 7 ke kanan)

Lebar lintasan: 15 m

Panjang lintasan lurus: 968 m

Lomba MotoGP: 23 putaran

Total jarak tempuh: 116,8 km

Pebalap paling sering menang: Marc Marquez (3)

Peraih pole position terbanyak: Marc Marquez (4)

Juara musim 2017: Marc marquez

Rekor fastest lap: Marc Marquez (2015) 1 menit 47,187 detik

Rekor sirkuit: Jorge Lorenzo (2015) 1 menit 48,120 detik

Pole terbaik: Marc Marquez (2015) 1 menit 46,635 detik

Rekor top speed: Andrea Iannone 345,8 km/jam

 

Video Populer

Foto Populer