Sukses


Sirkuit Lido Bersaing dengan Jakabaring Gelar MotoGP 2018?

Bola.com, Jakarta - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto, menyatakan ada rencana pembuatan Sirkuit Lido, di Jawa Barat. Namun, Gatot tak tahu apakah Sirkuit Lido siap untuk menggelar balapan MotoGP 2018.

"Ya benar, Sirkuit Lido diperuntukkan untuk MotoGP. Namun, saya tidak tahu apakah sirkuit ini bakal menjadi saingan dari Jakabaring. Kami juga belum menerima laporan dari Dorna terkait sirkuit tersebut," kata Gatot kepada Bola.com, Minggu (26/2/2017).

Rencana pembangunan Sirkuit Lido mengemuka setelah MNC Group dengan MNC Land sebagai operatornya berkirim surat kepada Kemenpora. Dalam surat tersebut, MNC Land meminta restu dari Kemenpora untuk membangun sirkuit berstandar internasional di Lido, Jawa Barat.

Dalam surat balasan yang ditujukan untuk Chariman dan CEO MNC Group itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menyambut positif rencana tersebut. Namun, Cak Imam (panggilan Imam Nahrawi) menyarankan agar MNC Land juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait perizinan pembangunan.

"Perihal pengajuan pembangunan sirkuit, dengan hormat disampaikan Kementerian Pemuda dan Olahraga pada prinsipnya mengapresiasi dan merekomendasikan inisiatif untuk mendukung prestasi bidang otomotif nasional," tulis Menpora. 

"Adapun berkenaan dengan teknis perizinan dan pelaksanaan pembangunan prasarana olahraga sirkuit, kiranya Saudara berkoordinasi secara internasif dengan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupate/Kota setempat," tulis Imam Nahrawi pada surat yang ditandatangani pada 21 Februari 2017 itu.

Untuk pembangunan Sirkuit Lido, MNC Land akan bekerja sama dengan The Trump Organizazion. Perusahaan asing tersebut merupakan milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Namun, minimnya waktu membuat peluang Sirkuit Lido untuk menggelar MotoGP 2018 kecil. Adapun peluang Sirkuit Jakabaring cukup terbuka lebar karena sudah dalam proses pembangunan dan diharapkan bisa selesai pada akhir 2017.

Video Populer

Foto Populer