Sukses


Efek Pelarangan Winglet pada MotoGP 2017 di Mata Teknisi Suzuki

Bola.com, Shizouka - Kepala teknisi Suzuki, Ken Kawauchi, mengomentari keputusan Dorna melarang tim MotoGP menggunakan winglet. Menurutnya, sulit untuk mencari penggantinya.

Dorna Sports melarang seluruh tim untuk memakai winglet yang menonjol pada MotoGP 2017. Hal ini membuat sejumlah tim kelabakan karena winglet terbukti memberikan dampak positif pada performa motor mereka.

"Kami semua tahu apa yang winglet bawa dalam level dukungan aerodinamis dan kami semua sekarang bekerja untuk mencari cara agar menghilangkan downforce dengan cara yang berbeda," tutur Kawauchi seperti dikutip Sport Rider, Rabu (1/3/2017).

"Jelas, akan sangat sulit untuk menciptakan sayap yang diperbolehkan, tapi kami harus bekerja untuk mendapatkan hasil maksimal dari apa yang bisa kami lakukan sesuai regulasi. Untuk kelincahan dan manuver motor, pelarangan winglet tak akan mengubah karakteristik motor Suzuki," tambahnya.

Suzuki sebenarnya sudah menemukan solusi untuk masalah pelarangan winglet. Mereka menggunakan fairing yang menyerupai winglet dan posisinya tersembunyi.

Desain winglet yang ada pada motor Suzuki sekilas memiliki banyak kemiripan dengan milik Yamaha yang lebih dulu diperkenalkan. Namun, Suzuki menaruh winglet mereka pada bagian atas fairing ban depan, tidak seperti Yamaha yang menaruhnya pada sabagian sisi fairing roda depan.

Seperti diketahui, Suzuki sudah menguji coba winglet baru mereka pada tes pramusim MotoGP Sirkuit Phillip Island. Hasilnya cukup memuaskan.

Video Populer

Foto Populer