Sukses


Ducati Belum Tentu Pakai Fairing Baru pada MotoGP 2017

Bola.com, Losail - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, telah menjajal fairing baru pada hari kedua tes MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (11/3/2017). Namun, Dovizioso mengatakan Ducati masih belum memutuskan apakah akan terus memakai fairing tersebut atau tidak.

"Kesan pertama saya terhadap fairing baru cukup baik. Saya rasa engineer kami telah bekerja sangat baik karena amat sulit menghasilkan downforce dengan adanya regulasi baru," kata Dovizioso seperti dikutip dari Motorsport, Minggu (12/3/2017).

"Saya sangat senang dengan hasilnya. Kami belum memastikan apakah akan terus menggunakannya untuk balapan, tapi saya lumayan puas dengan efek yang dihasilkan fairing baru tersebut," ujar Dovizioso.

Ducati menjadi tim pabrikan kelima setelah Yamaha, Suzuki, Aprilia, dan Honda yang memperkenalkan desain fairing baru sebagai perangkat aerodinamika pengganti winglet yang dilarang pada MotoGP 2017.

Dovizioso mengatakan fairing baru Ducati mampu menghasilkan efek seperti winglet lama yang sudah dilarang.

"Fairing baru ini menghasilkan downforce yang lebih besar sehingga motor lebih stabil. Motor pun bisa berakselerasi secara maksimal. Namun, fairing baru tersebut punya pengaruh positif dan negatif," kata Dovizioso.

Dovisioso mencatat waktu putaran tercepat pada hari pertama tes MotoGP di Qatar, Jumat (10/3/2017). Namun, dia hanya menempati posisi ke-13 pada hari kedua tes, terpaut 1,128 detik dengan pebalap tercepat, Maverick Vinales (Yamaha).

Menurut Dovizioso, penyebab dirinya terlempar dari 10 besar bukan fairing baru, melainkan kondisi yang sangat berbeda ketimbang hari pertama tes.

"Saya cukup senang meski tak seperti kemarin. Tentu catatan waktu saya tak memperlihatkan realitas yang sesungguhnya. Hari ini kondisinya sangat jauh berbeda dibanding kemarin. Kami menghadapi tantangan berupa grip yang sangat buruk dan angin kencang pada sesi awal tes. Kondisi itu membuat saya kesulitan mengendalikan motor," kata Dovizioso.

"Namun, saya senang dengan tantangan ini karena bisa saja kondisi saat balapan nanti juga sama. Jadi sangat penting bagi kami untuk menemukan solusi terbaik agar bisa tampil bagus dalam kondisi seperti itu," ujar Dovizioso.

Rekan setim Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, belum menjajal fairing baru Ducati. Namun, Lorenzo diprediksi akan mencoba fairing anyar tersebut pada hari terakhir tes Qatar, Minggu (12/3/2017). Lorenzo mengakhiri hari kedua tes di posisi kedelapan.

Video Populer

Foto Populer