Sukses


Profil Tim MotoGP: Suzuki, Raja Masa Lalu yang Siap Bangkit

Bola.com, Jakarta - Sempat absen selama tiga musim saat mengundurkan diri pada 2012 akibat krisis finansial, Suzuki kembali ke MotoGP pada 2015. Menggandeng perusahaan oli sebagai sponsor, pabrikan asal Jepang tersebut kembali ke MotoGP dengan nama Suzuki Ecstar.

Pada musim perdana, Suzuki membuat kejutan dengan merekrut Aleix Espargaro dan pebalap debutan Maverick Vinales sebagai rider mereka. Keputusan Suzuki merekrut Vinales terbukti tepat karena pebalap berusia 21 tahun tersebut sukses membawa Suzuki kembali diperhitungkan di MotoGP.

Musim lalu Suzuki Ecstar bercokol di posisi keempat pada klasemen akhir konstruktor dengan meraih 208 poin. Tim yang bermarkas di Hamamatsu itu juga mengantar Vinales menjadi kampiun MotoGP Inggris, di Sirkuit Silverstone, pada 4 September 2016. Juara dunia Moto3 2013 itu bahkan sempat mengancam posisi Jorge Lorenzo (yang menempati posisi ketiga) di klasemen pebalap MotoGP 2016.

Prestasi pada MotoGP 2016 sebenarnya bukan capaian puncak Suzuki. Sejarah kesuksesan Suzuki di ajang MotoGP sejatinya sudah dimulai jauh sebelum Vinales lahir ke dunia. Suzuki memulai perjalanan di ajang balap motor nomor satu dunia tersebut pada 1974 dan langsung merebut gelar juara dunia melalui Barry Sheene pada 1976.

Suzuki terus melanjutkan prestasi di ajang MotoGP lewat Franco Uchini (1982), Kevin Schwantz (1993), dan Kenny Roberts Jr (2000) yang masing-masing menyumbangkan satu gelar juara dunia untuk pabrikan asal Jepang tersebut.

Namun, ketika ajang balap motor grand prix memasuki era terbuka, Suzuki belum mampu menunjukkan kemampuan terbaik. Harapan kembali muncul seiring meroketnya performa Vinales. Tapi, rider asal Spanyol tersebut memutuskan hengkang ke Movistar Yamaha pada akhir 2016.

Pada musim depan, Suzuki akan diperkuat dua pebalap anyar, Andrea Iannone dan Alex Rins. Iannone didatangkan dari Ducati, sementara Rins merupakan jebolan Moto2.

Kemampuan dua rider itu disebut-sebut bisa membuat Suzuki kembali berjaya dan mengganggu peta pacuan gelar juara dunia MotoGP musim depan yang sebelumnya selalu didominasi Honda, Yamaha, dan Ducati.

Saat ini Suzuki Ecstar berada di bawah arahan Davide Brivio sebagai manajer tim sedang posisi direktur dipegang Satoru Terada. Pada MotoGP 2017, Suzuki bakal menggunakan motor GSX-RR terbaru yang disebut-sebut memiliki kemampuan menyaingi tunggangan milik Honda, Yamaha, dan Ducati.

Video Populer

Foto Populer