Sukses


Komisi Keselamatan: Ada Opsi Balapan MotoGP Qatar Diundur Senin

Bola.com, Doha - Anggota Komisi Keselamatan, Loris Capirossi, mengatakan para pebalap memegang keputusan final apakah balapan MotoGP Qatar bakal tetap digelar atau tidak seandainya hujan masih terus turun di Sirkuit Losail, pada Minggu (26/3/2017) malam. Menurut Capirossi, opsi menunda balapan hingga Senin (27/3/2017) seperti pada 2009 bisa diambil jika cuaca di Losail tak kunjung membaik pada Minggu.

"Jika besok pada malam hari trek tak digenangi banyak air, kami akan membiarkan para pebalap turun ke lintasan untuk mengecek situasinya. Jika mereka mengatakan kondisinya bisa diterima, maka kami bisa balapan dan melakukan segalanya seperti biasanya," kata Loris Capirossi dalam sesi konferensi pers setelah pembatalan sesi kualifikasi, Sabtu (25/3/2017).

"Namun, jika turun hujan deras, menurut saya mustahil (tetap balapan). Jika kami mengalami bencana seperti hari ini, kami bisa mencari solusi lain. Jika kami membatalkan balapan, normalnya kami tak menginginkan itu, mungkin balapan bisa diundur menjadi Senin seperti pada 2009," kata mantan pebalap MotoGP tersebut.

Capirossi menambahkan keputusan membatalkan sesi kualifikasi MotoGP Qatar pada Sabtu tak bisa dihindari karena kondisi trek tak ideal dan bisa membahayakan keselamatan pebalap. Lintasan di Sirkuit Losail sulit kering setelah diguyur hujan deras disertai badai pada Sabtu. Capirossi mengatakan masalah tersebut disebabkan Sirkuit Losail kekurangan drainase sehingga air yang menggenangi trek sulit surut.    

"Bagi kami semua ini bukan hari yang mudah. Kami berusaha berlatih pada malam ini dan penundaan selalu dicoba untuk memahami situasi di trek.  Kami berpikir bisa mengatasinya. Tapi, pada akhirnya kami memahami masalahnya lebih besar daripada yang kami kira. Jadi, kami memutuskan untuk membatalkan (kualifikasi)," kata Capirossi.

"Saya rasa masalah utamanya adalah trek tak memiliki drainase karena normalnya hujan tak turun di Qatar. Tentu saja, kami berpikir melakukan sesuatu untuk musim depan, tapi sekarang situasi seperti ini," sambung pria berusia 44 tahun tersebut.  

"Terkait besok, kami memutuskan untuk menambah sesi pemanasan di semua kelas, masing-masing 30 menit. Kami berharap besok cuaca bagus karena malam ini kami harus mengerjakan sesuatu dan berusaha memecahkan segala masalah." 

Dengan pembatalan ini, penentuan grid untuk balapan MotoGP Qatar didasarkan pada hasil tiga sesi latihan bebas. Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, berhak menempati pole, diikuti Andrea Iannone dan Marc Marquez di posisi kedua dan ketiga. Adapun Valentino Rossi bakal start dari posisi ke-10. 

 

Video Populer

Foto Populer