Sukses


Kesuksesan Rossi dan 5 Fakta Menarik Lain MotoGP Republik Ceska

Brno - Balapan MotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017), bakal menjadi penanda bergulirnya paruh kedua musim ini. Penikmat MotoGP bakal kembali disuguhi persaingan ketat dalam pacuan juara dunia MotoGP 2017, yang sementara ini melibatkan empat pebalap, Marc Marquez, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi. 

Balapan MotoGP Republik Ceska tahun ini memasuki edisi ke-30, dan Valentino Rossi merupakan pemenang terbanyak di Sirkuit Brno. Pembalap asal Italia sudah mengemas kemenangan sebanyak lima kali pada kelas utama, yaitu empat kali di MotoGP dan sekali saat berformat 500cc. 

Pada musim lalu, pembalap Movistar Yamaha tersebut hanya meraih podium kedua. Kendati demikian, rekor apik tersebut bisa menjadi modal The Doctor untuk kembali memperpendek jarak dengan Marc Marquez yang tertinggal 10 poin di klasemen sementara MotoGP 2017. 

Marquez bercokol di puncak klasemen sementara dengan raihan 129 poin. Dia unggul lima angka atas Maverick Vinales di posisi dua, dan unggul 6 poin atas Andrea Dovizioso yang berada di peringkat tiga.

Sebelum menyaksikan para pembalap melahap 22 lap pada balapan nanti, tidak ada salahnya untuk mengungkap beberapa fakta menarik seputar MotoGP Republik Ceska, yang dilansir dari situs resmi MotoGP.

 

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik

Berikut 6 Fakta Menarik Jelang MotoGP Republik Ceska:

1. GP Republik Ceska pertama di Brno digelar pada 1965. Saat itu balapan 500cc dilangsungkan sepanjang 13 lap pada trek asli sepanjang 13,94 km. Mike Hailwood menjadi juara setelah membukukan waktu 1 jam 11 menit dan 23,2 detik.

2. Brno merupakan sirkuit kedua yang paling banyak menyelenggarakan seri Grand Prix dengan 29 kali pergelaran. Sirkuit ini pertama kali digunakan untuk seri Grand Prix pada 1965.

3. Satu-satu sirkuit yang memiliki sejarah lebih panjang dari Brno adalah Assen. Sirkuit yang terletak di Belanda itu sudah menggelar grand prix sejak 68 tahun silam.

4. Valentino Rossi dan Max Biaggi menjadi pembalap yang paling banyak memenangkan balapan di Sirkuit Brno, dengan masing-masing tujuh kali juara di tiga kelas berbeda yakni 125 cc, 250 cc, 500 cc, dan MotoGP. Keduanya juga menjadi pembalap yang paling banyak memulai balapan dari posisi terdepan dengan catatan tiga kali.

5. Di kelas MotoGP, tim Honda telah mencatatkan tujuh kemenangan di Brno. Mereka menjadi satu-satunya tim pengoleksi terbanyak kemenangan disusul Yamaha (enam), dan Ducati (dua).

6. Tahun lalu, Cal Crutchlow keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini membuat Crutchlow mematahkan rekor Barry Sheene sebagai pembalap Inggris yang bisa menang di kelas elit balap motor. Terakhir kali pembalap Britania Raya menang di Grand Prix 500cc pada tahun 1981. (David Permana)

Video Populer

Foto Populer