Sukses


Ada Noda di Balik Kegemilangan Marquez pada MotoGP 2017

Bola.com, Aragon - Performa pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada MotoGP 2017 terbilang luar biasa. Dia tampil konsisten dan kerap mengungguli para rivalnya.

Hingga balapan seri ke-14, Marquez memuncaki klasemen sementara pebalap dengan 224 poin. Dia juga sudah mengoleksi sembilan podium, lima di antaranya merupakan podium juara.

 

Hebatnya lagi, empat kemenangan diraih The Baby Alien dalam enam balapan terakhir. Dua balapan lain diakhiri dengan finis posisi kedua dan satu lagi gagal finis karena masalah mesin.

Sayang, kegemilangan Marquez ini sedikit ternoda. Berdasarkan statistik yang dikeluarkan Marca, Marquez mengalami kecelakaan terbanyak sepanjang kariernya pada MotoGP 2017.

Hingga balapan MotoGP Aragon berakhir, Marquez sudah 21 kali mengalami insiden. Dia paling sering terjatuh saat balapan MotoGP Catalunya, 9-11 Juni 2017.

Saat itu, Marquez lima kali terjatuh sepanjang akhir pekan. Dia mengalami insiden pada sesi latihan bebas ketiga, keempat, sesi kualifikasi (dua kali), dan pemanasan. Hebatnya, Marquez finis kedua saat balapan.

Catatan 21 kali kecelakaan pada musim ini lebih banyak dari yang dialami pada musim lalu. Pada MotoGP 2016, Marquez mengalami 17 kali kecelakaan.

Meningkatnya jumlah insiden yang dialami pebalap berusia 24 tahun tersebut pada musim ini, bisa dimaklumi. Tak seperti musim lalu yang terlihat lebih kalem, sekarang Marquez kembali ke tabiat asli, yaitu pebalap yang suka mengambil risiko.

Berubahnya filosofi Marquez tersebut dapat dimengerti mengingat persaingan gelar juara MotoGP 2017 lebih sengit. Dia harus bersaing ketat dengan Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales untuk menjadi juara dunia.

Video Populer

Foto Populer