Sukses


Valentino Rossi Bikin F1 Kalah Pamor dari MotoGP

Bola.com, Sepang - Pebalap F1, Daniel Ricciardo, menepis anggapan balapan MotoGP lebih baik daripada lomba jet darat. Ricciardo menyebut daya tarik MotoGP yang tak dimiliki F1 hanya keberadaan sosok Valentino Rossi.

"F1 tak perlu iri kepada MotoGP. Balapan F1 tak kalah menarik dari MotoGP. Namun, MotoGP punya karakter hebat dalam diri Valentino Rossi," kata Ricciardo seperti dilansir Speedweek, Jumat (29/9/2017).

Ricciardo mengomentari popularitas F1 dan MotoGP di sela-sela F1 GP Malaysia. Tahun ini merupakan terakhir kalinya Sirkuit Sepang menggelar balapan F1 sebelum menghilang dari kalender lomba jet darat.

Malaysia memutuskan tak lagi menjadi tuan rumah balapan F1 mulai musim depan. Namun, Malaysia tetap menggelar balapan MotoGP yang lebih populer daripada F1.

Menurut Ricciardo, ada tiga alasan yang membuat balapan MotoGP lebih menarik minat penonton ketimbang F1 di Malaysia, yaitu faktor budaya, ekonomi, dan kompleksitas balapan.

"Saya mengerti mengapa MotoGP lebih populer ketimbang F1 di Malaysia. Alasan pertama tentu terkait faktor budaya. Di sini kerap terjadi kemacetan di jalan raya sehingga banyak orang memilih mengendarai sepeda motor," ujar Ricciardo.

"Faktor ekonomi juga memegang peranan. Di sini daya beli masyarakat tak terlalu kuat, jadi saya memahami mengapa orang-orang lebih memilih menonton balapan MotoGP. Selain itu, balapan MotoGP juga menarik dan peraturannya tak serumit F1," tutur Ricciardo.

Tiket MotoGP Malaysia dalam beberapa tahun terakhir selalu ludes terjual. Salah satu penyebabnya adalah keberadaan fans Valentino Rossi yang sangat banyak di kawasan Asia Tenggara. Hal itu terlihat dari banyaknya penonton yang memakai atribut The Doctor di Sirkuit Sepang pada race weekend.

Video Populer

Foto Populer