Sukses


Promotor MotoGP Australia Siap Penuhi Tuntutan Rossi dan Marquez

Bola.com, Phillip Island - Pemegang hak komersial MotoGP, Dorna Sports, dan promotor MotoGP Australia siap memenuhi permintaan Valentino Rossi dan Marc Marquez yang menginginkan waktu start balapan di Phillip Island dimajukan sejam.

Beberapa pebalap top yang dipimpin Rossi dan Marquez mulai menyuarakan wacana pengubahan waktu start balapan di Phillip Island pada sela-sela MotoGP Australia, 21 Oktober 2017. Para rider menginginkan start balapan saat ini pada pukul 16.00 waktu setempat dimajukan menjadi tak lebih dari pukul 15.00.

Alasan utama di balik usulan pengubahan waktu start MotoGP Australia yang diajukan para pebalap adalah terkait faktor keselamatan. Menurut mayoritas rider, suhu udara dan temperatur trek di Phillip Island menurun drastis pada sore hari. Jika ditambah hujan, hal itu akan membahayakan keselamatan pebalap.

Dorna belum mengambil keputusan resmi terkait permintaan para pebalap ini. Namun, juru bicara Dorna mengatakan kepada Motorsport bahwa mereka siap memenuhi permintaan pebalap, apalagi hal ini berkaitan dengan isu keselamatan.

Promotor MotoGP Australia pun setali tiga uang dengan Dorna. Mereka bersedia memajukan waktu start balapan jika Dorna memutuskan demikian.

"Dorna mengontrol penuh olahraga ini. Jadi, selama ini kami selalu berdiskusi secara intens dengan mereka dalam memutuskan segala hal, termasuk menentukan tanggal balapan dan waktu start lomba," kata CEO Australian Grand Prix Corporation, Andrew Westacott, kepada Motorsport, Rabu (1/11/2017).

"Kami dan Dorna belum melakukan pembicaraan resmi terkait usulan pengubahan waktu start balapan. Namun, kami akan dengan senang hati menyepakati hal-hal yang berhubungan dengan penjadwalan, organisasi, dan juga keselamatan," ujar Westacott.

Satu hal yang menjadi pertimbangan utama Dorna dalam mengubah waktu start balapan MotoGP Australia adalah soal siaran televisi. Start jam 16.00 waktu setempat lebih cocok buat pentonton di Eropa. Jam 16.00 waktu Phillip Island itu sama dengan pukul 05.00 pagi waktu Inggris dan pukul 06.00 pagi waktu Eropa Tengah. Jika dimajukan sejam, maka para penonton di Inggris dan Eropa Tengah harus bangun lebih pagi.

"Dari sudut pandang penonton Asia, start balapan jam 3 atau jam 4 sore tak masalah. Namun, penonton Eropa harus bangun lebih pagi untuk menonton pada jam sarapan," kata Westacott.

"Akan tetapi, MotoGP merupakan olahraga berskala global yang memiliki penggemar fanatik. Sepagi apapun siaran langsung MotoGP, fans pasti akan bangun jika balapannya menentukan gelar juara dunia. Selain itu, apabila dengan start dimajukan membuat balapan menjadi lebih seru, tak ada masalah buat kami," ujar Westacott.

Promotor MotoGP Australia mulai menggunakan start pada pukul 4 sore sejak 2008. Sebelum itu, start balapan di Phillip Island digelar pada pukul 3 sore.

Video Populer

Foto Populer